Unik! Buah Jadi Nama Wilayah di Jakarta

Kamis, 11 Mei 2023 - 06:20 WIB
loading...
Unik! Buah Jadi Nama Wilayah di Jakarta
Kawasan elite Menteng di Jakarta Pusat merupakan salah satu nama wilayah di Ibu Kota Jakarta yang diambil dari nama buah. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Nama-nama wilayah di Ibu Kota Jakarta ternyata cukup unik. Ada buah yang dijadikan nama wilayah di Jakarta.

Di Jakarta Barat, ada wilayah yang diambil dari nama buah seperti Mangga Besar. Kemudian, buah Gandaria dijadikan nama wilayah di Jakarta Selatan.
Baca juga: Nama Wilayah di Jakarta Berawalan Ci, Jakbar Tak Ada

Mau tahu wilayah mana saja yang memakai nama buah? Berikut buah yang dijadikan nama wilayah di Jakarta:

1. Mangga Besar
Mangga Besar merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat. Berdasarkan buku 212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe karya Zaenuddin HM, dulunya kawasan ini adalah perkebunan dengan banyak pohon Mangga.

Pohon Mangga di wilayah itu berdaun lebat dengan buah melimpah. Di antara beragam jenis pohon Mangga yang ada, terdapat satu pohon dengan buah Mangga yang sangat besar sehingga cukup menonjol dan menjadi ciri khas. Sejak itulah masyarakat setempat menyebut wilayah tersebut Mangga Besar.

2. Gandaria
Wilayah lain di Jakarta yang diambil dari nama buah yakni Gandaria di Jakarta Selatan, tepatnya Kelurahan Gandaria Utara. Buah Gandaria ini ternyata memiliki namanya sendiri di tiap-tiap wilayah, seperti Dandoriah di Minangkabau dan Remieu di Aceh.

Berasal dari India, buah Gandaria menyebar luas hingga ke Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Rata-rata pohon Gandaria memiliki tinggi hingga 20 meter dengan daun berbentuk panjang dan bertekstur halus. Bunga Gandaria tumbuh di ujung cabang muda dan berwarna kuning muda.

3. Menteng
Nama kawasan Menteng di Jakarta Pusat diambil dari nama buah. Di sekitar abad ke-17, wilayah elite ini adalah hutan yang dihuni banyak binatang buas dan pohon buah Menteng.

Karena itulah masyarakat menyebutnya dengan kawasan Menteng. Pada tahun 1810, Menteng mulai dibuka oleh Gubernur Jenderal Daendels untuk menjadi salah satu daerah pengembangan kota Batavia.

Saat ini, Menteng merupakan nama kecamatan dan kelurahan di Jakarta Pusat. Terdapat juga Kelurahan Menteng Dalam di Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1546 seconds (0.1#10.140)