SDN 01 Sukadanau Rusak Diterpa Angin, Pemkab Bekasi: Akan Direhab Total

Rabu, 10 Mei 2023 - 09:44 WIB
loading...
SDN 01 Sukadanau Rusak Diterpa Angin, Pemkab Bekasi: Akan Direhab Total
Sejumlah siswa tampak melintas di bangunan SDN 01 Sukadanau, Kabupaten Bekasi, yang rusak akibat diterpa angin kencang. Foto: Antara/Dok
A A A
BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi memastikan perbaikan Sekolah Dasar Negeri ( SDN ) 01 Sukadanau bakal masuk dalam rencana pembangunan prioritas. Ruang kelas yang tidak lagi layak itu bakal diperbaiki total.

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, Benny Sugiarto Prawiro mengatakan, SDN 01 Sukadanau sebenarnya telah masuk dalam catatan sekolah yang akan diperbaiki. Perbaikan penting dilakukan karena kondisinya tidak lagi memadai. Baca Juga: Bangunan SDN Sukadanau 01 Cikarang Barat Ambruk
"Kan sebenarnya itu bangunan dua lantai, nah yang lantai dua yang atapnya rusak. Tapi sesuai analisa tingkat kerusakan yang kami lakukan, itu akan semuanya diperbaiki, akan direhab total," ucap Benny, Selasa 9 Mei 2023.

Benny mengatakan, pihaknya senantiasa memeriksa tingkat kerusakan pada bangunan-bangunan milik negara,
mayoritas di antaranya gedung sekolah. SDN 01 Sukadanau yang pekan lalu ambruk lantaran tersapu angin.

Dalam pemeriksaan, kerusakan terdapat pada banyak titik mulai dari plafon, dinding, atap, lantai hingga utilitas penunjang lainnya. Bahkan mayoritas tingkat kerusakannya sedang dan berat.

Untuk itu perbaikan tidak dapat dilakukan sederhana melainkan perlu rehab total. "Makanya memang rencana kami itu rombak total semuanya," ucap dia.

Karena bersifat menyeluruh, perbaikan tidak dapat dilakukan tahun ini. Kendati demikian, SDN 01 Sukadanau telah masuk dalam skala prioritas tahun depan.

"Karena kalau menggunakan APBD Perubahan itu tidak cukup, baik waktu maupun anggarannya. Jadi agar perbaikannya benar-benar maksimal, akan kami alokasikan tahun depan," ucap dia.



Sebelumnya, atap pada dua ruang kelas di lantai dua SDN 01 Sukadanau itu ambruk pada Sabtu 6 Mei 2023. Diduga atap bangunan tersebut ambruk karena tersapu angin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1248 seconds (0.1#10.140)