Pandemi Covid-19, Bekasi Keluarkan Tata Cara Pemotongan Hewan Kurban

Rabu, 22 Juli 2020 - 12:11 WIB
loading...
Pandemi Covid-19, Bekasi Keluarkan Tata Cara Pemotongan Hewan Kurban
Hewan kurban tengah diperiksa kesehatannya. Foto/Dok/SINDOphoto
A A A
BEKASI - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mengeluarkan tata cara penyembelihan hewan kurban jelang perayaan Idul Adha pada Jumat 31 Juli 2020 yang harus diikuti masyarakat. Hal itu dilakukan agar bisa menekan angka penularan Covid-19.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi, Alexander Zulkarnain mengatakan, tata cara ini perlu diikuti oleh masyarakat Bekasi yang ingin melaksanakan penyembelihan hewan kurban maupun pelaksanaan Salat Idul Adha.

"Aturan ini untuk mencegah penularan Covid -19," kata Alexander kepada wartawan di Bekasi, Rabu (22/7/2020). ( )

Adapun, persyaratan untuk penyelenggaraan penyembelihan hewan kurban yang harus diikuti masyarakat Bekasi dengan menerapkan jaga jarak fisik (Physical distancing) yang meliputi: pemotongan hewan kurban dilakukan di area yang memungkinkan penerapan jarak fisik.

Penyelenggara mengatur kepadatan di lokasi penyembelihan, hanya dihadiri oleh panitia dan pihak yang berkurban, pengaturan jarak antar panitia pada saat melakukan pemotongan, pengulitan, pencacahan, dan pengemasan daging. Pendistribusian daging hewan kurban dilakukan oleh panitia ke rumah mustahik.

Lalu penerapan kebersihan personal panitia, meliputi pemeriksaan kesehatan awal yaitu melakukan pengukuran suhu tubuh di setiap pintu/jalur masuk tempat penyembelihan dengan alat pengukur suhu oleh petugas, panitia yang berada di area penyembelihan dan penanganan daging, tulang, serta jeroan harus dibedakan

Setiap panitia yang melakukan penyembelihan, pengulitan, pencacahan, pengemasan, dan pendistribusian daging hewan harus menggunakan masker, pakaian lengan panjang, dan sarung tangan selama di area penyembelihan hewan kurban.

Penyelenggara hendaklah selalu mengedukasi para panitia agar tidak menyentuh mata, hidung, mulut, dan telinga, serta sering mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer. Panitia menghindari berjabat tangan atau kontak langsung, serta memperhatikan etika batuk/bersin/meludah.

Kemudian panitia yang berada di area penyembelihan harus segera membersihkan diri (mandi) sebelum bertemu anggota keluarga. Selain itu kebersihan alat juga harus diperhatikan dengan melakukan pembersihan dan disinfeksi seluruh peralatan sebelum dan sesudah digunakan, serta membersihkan area dan peralatan setelah seluruh prosesi penyembelihan selesai dilaksanakan. ( )

Menerapkan sistem satu orang satu alat. Jika pada kondisi tertentu seorang panitia harus menggunakan alat lain maka harus dilakukan disinfeksi sebelum digunakan. Untuk itu, dia berharap dengan adanya ketentuan-ketentuan yang sudah ditetapkan pemerintah, masyarakat dapat bisa mengikuti dan menjalankan aturan- aturan.

"Aturan ini untuk mencegah tidak munculnya kasus baru Covid-19 pada saat pelaksanaan kegiatan kurban di Kota Bekasi, pemerintah mengantisipasi penyebaran penyakit zoonosis berperantara hewan kurban yang berasal dari luar wilayah Kota Bekasi, dan menjamin kesehatan hewan dan ketersediaan daging kurban bersih," tegasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1882 seconds (0.1#10.140)