Tanah Longsor Terjang Tanjungsari Bogor, Ratusan Warga Mengungsi

Senin, 08 Mei 2023 - 13:25 WIB
loading...
Tanah Longsor Terjang Tanjungsari Bogor, Ratusan Warga Mengungsi
Tanah longsor menerjang Desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor. Akibatnya, ratusan warga terpaksa mengungsi. Foto: Dok BPBD Bogor
A A A
BOGOR - Tanah longsor menerjang Desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor. Akibatnya, ratusan warga terpaksa mengungsi.

Staff Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Jalaludin mengatakan, longsor terjadi pada Minggu 7 Mei 2023. Berdasarkan data sementara, terdapat 107 KK yang terdiri atas 342 jiwa, terpaksa mengungsi.

"Warga mengungsi di SDN Cibeureum dan sarana ibadah," ujarnya, Senin (8/5/2023).



Menurut dia, longsor terjadi setelah hujan deras dengan durasi cukup lama, serta kontur tanah yang labil. Selain itu, di lokasi terdapat mata air sehingga membuat tebingan mudah longsor.

Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam kejadian ini. Hanya, perlu penanganan lebih lanjut dari pihak terkait, karena dikhawatirkan terjadi longsor susulan yang berdampak pada rumah warga.

"Situasi akhir longsoran masih berlanjut," tutupnya.

TPT Sepanjang 30 Meter Longsor

Di tempat terpisah, tembok penahan tanah (TPT) di Desa Kalong II, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor, longsor, setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut.

Tanah Longsor Terjang Tanjungsari Bogor, Ratusan Warga Mengungsi


"Disebabkan hujan dengan intensitas tinggi yang cukup lama, sehingga mengakibatkan TPT mengalami longsor dengan panjang 30 meter dan tinggi 7 meter," kata Jalaludin.



Peristiwa itu terjadi pada Minggu 7 Mei 2023 petang. Akibatnya, dua unit rumah kontrakan milik warga di sekitar lokasi terancam ambrol.

"Dua unit kontrakan terancam atas nama Apriyanto (1 KK/4 jiwa) dan Iwan (1 KK/4 jiwa)," jelasnya.

Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam kejadian ini. Namun dikhawatirkan longsor semakin meluas ketika hujan deras mengguyur.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1527 seconds (0.1#10.140)