Update Pembangunan Ulang Jembatan Otista Bogor, Aspal Mulai Dibongkar

Sabtu, 06 Mei 2023 - 14:56 WIB
loading...
Update Pembangunan Ulang Jembatan Otista Bogor, Aspal Mulai Dibongkar
Pembangunan ulang Jembatan Otista Kota Bogor, sudah memasuki tahap pembongkaran. Aspal jalan sudah dibongkar menggunakan alat berat. Foto: MPI/Putra Ramadhani Astyawan
A A A
JAKARTA - Pembangunan ulang Jembatan Otto Iskandardinata (Otista), Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, sudah memasuki tahap pembongkaran. Aspal jalan sudah dibongkar menggunakan alat berat.

"Kita itu dua minggu ini masih pengerjaan persiapan untuk Otista, direksi keet (barak pekerja), instalasi pagar pembatas area kerja, juga selesai. Hari ini target kita adalah untuk mulai pembongkaran," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor, Rena Da Frina, Sabtu (6/5/2023).



Menurut dia, pembongkaran Jembatan Otista dilakukan secara bertahap. Pekerjaan dimulai dengan tahap menghancurkan aspal menggunakan mesin breaker. Kemudian tahap selanjutnya akan dilakukan pembongkaran lantai jembatan hingga konstruksi jembatan.

"Pembongkaran ini ada tahapannya, karena tidak bisa kita hancurkan seperti itu, untuk menghindari bongkahannya jatuh ke sungai dan juga untuk keselamatan kerja. Jadi bertahap aspalnya dikeruk dulu. Kemudian plat-platnya dilepasin, baru struktur," jelasnya.

Sambil proses pembongkaran konstruksi jembatan, kata Rena, pekan depan pihak kontraktor sudah mulai merangkai besi jembatan yang akan dipasang. Terdapat sekitar 25 orang pekerja, termasuk pelaksana, pekerja, operator alat berat, dan sebagainya.

Nantinya pihak kontraktor juga akan melibatkan pekerja dari warga sekitar sesuai hasil dari yang sudah disosialisasikan sebelum proses pembongkaran jembatan.



"Dari sosialisasi kita dapat kuota 15 sampai 20 orang. Jadi dibagi dua dari wilayah Babakan Pasar dan Baranangsiang," katanya.

Sejauh ini, kata Rena, proses pengerjaan masih on progres sesuai target. Proyek pembangunan Otista ini juga dipantau langsung oleh Wali Kota Bogor Bima Arya, dan bisa juga dipantau oleh warga melalui website jembatanotista.kotabogor.go.id.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2180 seconds (0.1#10.140)