Demo di Kedubes Australia, HMI Jakarta Tolak Intervensi Asing di Papua

Kamis, 04 Mei 2023 - 18:28 WIB
loading...
Demo di Kedubes Australia, HMI Jakarta Tolak Intervensi Asing di Papua
Puluhan anggota HMI Jakarta menggelar aksi unjuk rasa di depan Kedubes Australia dan Selandia Baru pada Kamis (4/5/2023). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Puluhan anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jakarta menggelar aksi unjuk rasa di depan Kedubes Australia dan Selandia Baru pada Kamis (4/5/2023). Mereka menolak campur tangan asing terkait konflik yang terjadi di Papua .

Ketua Bidang Partisipasi Pembangunan Daerah, HMI Jakarta, Asri Lesilawang mengatakan, konflik yang terjadi di Papua adalah sepenuhnya konflik dalam negeri dan tak membutuhkan campur tangan dari negara lain.

"Kami mendatangi Kedubes Australia dan Kedubes Selandia Baru untuk menyampaikan bahwa beberapa tuntutan terkait konflik di Papua," kata Asri Lesilawang selaku koordinator aksi, Kamis (4/5/2023).

Dia menuturkan, konflik di Papua merupakan permasalahan dalam negeri Indonesia, tak boleh dicampuri oleh negara asing. Sebagaimana, Indonesia juga tak pernah mencampuri urusan dalam negeri negara lain.


Kedua, menolak keterlibatan Australia dan Selandia Baru, baik keterlibatan secara langsung maupun tidak langsung, terkait penyanderaan warga Selandia Baru oleh KKB di Papua.

Ketiga, apabila ditemukan keterlibatan atau intervensi Australia maupun Selandia Baru, dalam konflik di Papua, sudah seharusnya Pemerintah Indonesia memutuskan hubungan diplomatik dengan kedua negara tersebut.

"Ada TNI dan Polri yang bisa menyelesaikan permasalahan Papua, tanpa perlu melibatkan Australia maupun Selandia Baru," tuturnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1403 seconds (0.1#10.140)