Hari Ini Polisi Periksa 5 Saksi Buntut Penembakan Kantor MUI

Rabu, 03 Mei 2023 - 13:03 WIB
loading...
Hari Ini Polisi Periksa 5 Saksi Buntut Penembakan Kantor MUI
Polisi bakal memeriksa lima saksi saksi terkait kasus penembakan di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI), Menteng, Jakarta Pusat, Selasa 2 Mei 2023. Foto: MPI/Dok
A A A
JAKARTA - Polisi bakal memeriksa lima saksi saksi terkait kasus penembakan di Kantor Majelis Ulama Indonesia ( MUI ), Menteng, Jakarta Pusat, Selasa 2 Mei 2023. Hal demikian disampaikan oleh Wakil Sekretaris Jenderal MUI Bidang Hukum dan HAM Ikhsan Abdullah.

“Tadi malam ada dua dan hari ini ada lima, jadi ada tujuh. Kemarin satu sekuriti dan satu staf. Hari ini pemeriksaan korban dan apa yang diinginkan polisi, kita akan sajikan ke polisi,” kata Ikhsan kepada wartawan, Rabu (3/5/2023).

Ikhsan menyebutkan, para saksi yang diperiksa oleh pihak kepolisian akan didampingi oleh pihaknya. Untuk para saksi, kata dia, beberapa seharusnya sudah dilakukan pemeriksaan tadi malam. Namun, hal itu tidak terjadi lantaran saksi masih dalam kondisi trauma.

“Mulai tadi malam sudah ada yang diperiksa, ada dua orang Teguh dan Tri dan kami mendampingi mereka hingga pukul 22.00 WIB. Dan hari ini karena rencana akan diperiksa saudraa Bambal dan Chaerudin, karena kondisinya semalam masih trauma, maka kami tidak izinkan,” jelasnya.

Sebagai informasi, aksi penembakan yang dilakukan oleh Mustofa (60) dilakukan di Kantor MUI Pusat pada Selasa 2 Mei 2023.



Dirreskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengki Haryadi mengungkapkan motif sementara M (60), pelaku penembakan di Kantor MUI yakni membutuhkan pengakuan atau legitimasi sebagai wakil nabi.

“Memang dari alat bukti yang ada tulisan-tulisan yang pertama motif sementara bahwa yang bersangkutan ingin mendapat pengakuan sebagai wakil nabi,” kata Hengki kepada wartawan di Polsek Menteng.

Hengki menyebut penarikan kesimpulan motif penembakan sementara itu diambil lantaran adanya surat-surat yang ditinggalkan pelaku.

“Salah satunya tertulis yang bersangkutan berdasarkan hadits di akhir zaman ada 73 golongan dalam Islam dan hanya satu golongan yang diakui. Dan itu adalah saya sebagai wakil Tuhan,” ujar Hengki menirukan bunyi surat tersebut.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1938 seconds (0.1#10.140)