Kompolnas Apresiasi Polresta Bandara Soetta Fasilitasi Bocah Telantar Ingin Lebaran Bersama Ibu di Kalteng

Minggu, 23 April 2023 - 22:54 WIB
loading...
Kompolnas Apresiasi Polresta Bandara Soetta Fasilitasi Bocah Telantar Ingin Lebaran Bersama Ibu di Kalteng
Bocah asal Pandeglang Ripansah yang telantar di Terminal 1 Bandara Soetta menangis ketika melakukan video call dengan ibunya Sudewi di Desa Bukit Raya, Kecamatan Manthobi Raya, Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah (Kalteng). Foto: Humas Polresta Bandara
A A A
TANGERANG - Sikap humanis anggota Polresta Bandara Soekarno Hatta (Soetta) terhadap bocah berusia 12 tahun, Ripansah asal Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten patut diacungi jempol. Bocah malang itu akhirnya bisa Lebaran bersama sang ibu di Kalimantan Tengah (Kalteng) berkat bantuan anggota Polresta Bandara Soetta dengan membelikan tiket pesawat.

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengapresiasi sikap Kapolsubsektor Terminal 1 Bandara Soetta Ipda Agus Mulyadi yang humanis itu.

"Seorang anak yang rindu ibunya akibat orang tuanya bercerai. Ketika ingin bertemu ibunya, si anak yang tidak mempunyai uang untuk beli tiket telantar di bandara dan ditemukan oleh polisi yang tergerak membantu membelikan tiket karena kasihan melihat si anak," ujar anggota Kompolnas Poengky Indarti, Minggu (23/4/2023).
Baca juga: Arus Balik 2023: Besok Siang, One Way Diterapkan dari GT Kalikangkung hingga Cikampek

Beruntung ada polisi yang jeli melihat seorang anak telantar di bandara dan segera menanyakan maksud dan tujuan si anak. Kemudian, mengontak rekannya yang bertugas di wilayah tempat domisili si ibu dan membelikan tiket untuk si anak serta menitipkan si anak kepada pilot. ”Ini adalah tindakan humanis yang sangat mengharukan," ungkap Poengky.

Hak anak untuk bisa bertemu kedua orang tuanya meskipun mereka sudah bercerai. ”Sikap Kapolsubsektor Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta Ipda Agus Mulyadi terhadap si bocah patut dipuji. Hal tersebut menunjukkan kepekaan, kepedulian, dan kasih sayang seorang polisi dalam menjalankan tugasnya," katanya.

"Saya berharap akan banyak polisi-polisi humanis dan menggunakan hati dalam menjalankan tugasnya, sehingga masyarakat benar-benar terayomi, terlindungi, dan terlayani," ujarnya.

Diketahui, Ripansah ingin berangkat ke Kalteng karena rindu bertemu ibunya bernama Sudewi (48) untuk merayakan Idulfitri 2023. Selama ini, Ripansah tinggal bersama ayahnya Mukri Hidayat di Panimbang, Pandeglang, Banten dan sudah lama tidak bertemu ibunya akibat perceraian kedua orang tuanya.

Ripansah pertama kali ditemukan oleh anggota Pospol Terminal 1 Bandara Soetta yang sedang patroli, Rabu (19/4/2023). Ripansah ditemukan mengenakan pakaian lusuh sedang bingung dan tampak telantar.

Änggota kemudian membawa Ripansah ke Pospol untuk ditanya lebih lanjut. Di Pospol, Ripansah bertemu Kapolsubsektor Terminal 1 Bandara Soetta Ipda Agus Mulyadi. "Dia lari ke Bandara Soetta, mau ke Kalimantan, dianter tukang ojek," kata Kapolsubsektor Terminal 1 Bandara Soetta Ipda Agus Mulyadi, Minggu (23/4/2023).

Saat ditanyai polisi, Ripansah menangis. Dia lalu menyampaikan kerinduannya pada sang ibunda yang tinggal di Desa Bukit Raya, Kecamatan Manthobi Raya, Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah. "Sampai di Bandara Terminal 1 dia sendirian dengan pakaian agak kotor dan tidak membawa uang apalagi tiket pesawat," ujar Agus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3020 seconds (0.1#10.140)