Dirlantas PMJ: Dampak Instruksi Kapolri Signifikan Cegah Lakalantas Mudik Lebaran 2023

Minggu, 23 April 2023 - 09:09 WIB
loading...
A A A
Sepeda motor masih mendominasi, yakni sampai 74%. Disusul armada bus dengan jumlah kecelakaan mencapai 11% dan mobil pribadi sebesar 2%. Korban tercatat, 47 meninggal dunia, 33 luka berat dan 503 luka ringan. Jumlah korban ini menurun lebih dari 50% jika dibandingkan dengan Operasi Ketupat pada tahun 2022.

Jumlah lakalantas menurun cukup signifikan, kata Latif, berkat perintah langsung Kapolri agar seluruh petugas jajarannya turun langsung di lapangan guna menerapkan rekayasa lalu lintas seperti pemberlakuan ganjil-genap, one way, penutupan U-turn, serta penyiapan jalur alternatif. Penekanan Kapolri kaitannya dengan permasalahan lakalantas, untuk seoptimal mungkin melakukan langkah-langkah preventif dengan menempatkan personel dan melengkapi rambu pada titik-titik rawan kecelakaan cukup berhasil.

Perlu diketahui, dalam melaksanakan kebijakan Kapolri tersebut, Ditlantas Polda Metro Jaya telah membangun pos pengamanan dan pelayanan di 37 titik untuk menghadapi aktivitas masyarakat pada saat arus mudik maupun arus balik, serta libur Lebaran 2023.



Puluhan pos tersebut dibangun di ruas jalan tol, jalur arteri, stasiun, terminal, dan pelabuhan serta tempat wisata. Rinciannya, 23 titik pos pengamanan dan pelayanan berlokasi di ruas jalan tol dan jalur arteri. Sedangkan 14 titik lainnya berada di area transportasi publik hingga tempat wisata.
(kri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2827 seconds (0.1#10.140)