Terobosan Ditlantas PMJ Tangani Mudik Lebaran Diapresiasi Kompolnas dan Pengamat

Kamis, 20 April 2023 - 19:08 WIB
loading...
Terobosan Ditlantas PMJ Tangani Mudik Lebaran Diapresiasi Kompolnas dan Pengamat
Polisi menggelar patroli mudik Lebaran. Beragam terobosan mengantisipasi mudik Lebaran 2023 yang dilakukan Ditlantas Polda Metro Jaya diapresiasi berbagai pihak. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Beragam terobosan mengantisipasi mudik Lebaran 2023 yang dilakukan Ditlantas Polda Metro Jaya mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Antisipasi lonjakan pergerakan kendaraan bermotor, khususnya jalur tol dan jalur arteri dengan mendirikan Pos Pengamanan (Pospam) dan Pos Pelayanan (Posyan) pada titik-titik rawan kecelakaan dan kepadatan dinilai cepat tanggap dan sangat tepat.

Komisioner Kompolnas Irjen Pol (Purn) Pudji Hartanto Iskandar mengatakan, menyambut Lebaran 2023 program Ditlantas Polda Metro Jaya cukup bagus. Selain melakukan berbagai upaya rekayasa lalu lintas agar mudik berjalan lancar, juga menyelenggarakan mudik gratis.

Mudik gratis mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, keselamatan, dan kenyamanan lebih terjamin sekaligus irit biaya.
Baca juga: Mudik Lebaran 2023, Singgah di Rest Area Maksimal 30 Menit

Rekayasa lalu lintas Ditlantas Polda Metro Jaya merupakan metode atau cara bertindak untuk mengurai kemacetan. Pospam dan pos terpadu perlu didirikan di titik-titik spot rawan laka dan rawan macet. Dengan dilengkapi TV monitor mengingat peralatan komunikasi yang memadai sangat diperlukan.

Pudji menuturkan dalam menangani situasi mudik Lebaran, kerja sama sinergitas antarpemangku kepentingan mutlak diperlukan. Sehingga dampak yang didapat terwujudnya Kamseltibcarlantas terjaga dengan baik.

"Kami berharap dalam melayani masyarakat menyambut Hari Raya Idulfitri 2023, petugas Polantas lebih sabar, selalu melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat," ujar Pudji, Kamis (20/4/2023).

Ketua Institut Studi Transportasi (Instran) Ki Darmaningtyas menyampaikan beberapa usulan untuk perbaikan saat arus balik maupun mudik. Ke depan Ditlantas Polda Metro Jaya sebaiknya menerapkan kebijakan contraflow.

Ini lebih pas karena selain dapat menambah kapasitas di jalur pergerakan utama (arus mudik ke arah timur dan arus balik ke barat menuju Jabodetabek) juga dapat memberikan kesempatan kepada kendaraan yang melawan arus untuk melintas, terutama angkutan umum.

Menurut dia, program Ditlantas Polda Metro Jaya dalam menangani arus mudik-arus balik Lebaran tahun ini cukup baik. Inovasi yang dilakukan dalam upaya mengurai kemacetan dan kerawanan lakalantas dan kejahatan dengan melibatkan cukup banyak personel dan pendirian titik-titik Pospam dan Posyan perlu diapresiasi.

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia Edi Saputra Hasibuan mengapresiasi langkah-langkah Ditlantas Polda Metro Jaya dalam menangani mudik Lebaran 2023. Dengan program yang matang diharapkan mudik Polri Presisi semakin baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1441 seconds (0.1#10.140)