2 Jenderal Polisi Komandoi BIN, Dua-duanya Mantan Ajudan Presiden

Kamis, 20 April 2023 - 05:55 WIB
loading...
2 Jenderal Polisi Komandoi BIN, Dua-duanya Mantan Ajudan Presiden
Kepala Badan Intelijen Negara Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pembahasan mengenai jenderal-jenderal yang dilantik dengan jabatan baru memang selalu menarik untuk dibahas. Kali ini akan dijabarkan Jenderal Polisi yang pernah atau sedang menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Kepala BIN dilantik langsung oleh presiden dan memperoleh hak keuangan, administrasi, dan layanan lain setara menteri. Hingga saat ini terhitung baru ada dua jenderal polisi yang dilantik sebagai pimpinan BIN.

Berikut dua jenderal polisi yang menjadi pimpinan BIN:

1. Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan

Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan merupakan Jenderal Polisi yang menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara. Sampai saat ini Budi Gunawan masih memimpin, setelah dilantik langsung oleh Presiden Jokowi pada 9 September 2016.

Budi Gunawan menjadi jenderal polisi kedua setelah Jenderal Polisi Sutanto yang memimpin BIN. Selain menjabat sebagai Kepala BIN, Budi juga menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar E-Sports Indonesia (PB ESI) untuk periode 2020-2024.



Sebelum bertugas sebagai Kepala BIN, Budi menempati posisi Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) periode 2015-2016.

Pria kelahiran Surakarta, 11 Desember 1959 ini merupakan lulusan terbaik di Akademi Kepolisian tahun 1983 dan berhasil memperoleh penghargaan Adhi Makayasa. Namanya mulai dikenal saat menjadi ajudan Presiden Megawati.

Ia pernah pula menjadi jenderal termuda di kepolisian dan naik pangkat menjadi Brigadir Jenderal dengan jabatan Kepala Biro Pembinaan Karir (Karo Binkar) Mabes Polri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1059 seconds (0.1#10.140)