Puncak Mudik Lebaran 2023, Waspadai Bottleneck di Persimpangan Tol MBZ

Rabu, 19 April 2023 - 17:23 WIB
loading...
Puncak Mudik Lebaran 2023, Waspadai Bottleneck di Persimpangan Tol MBZ
Titik kemacetan pertama arus mudik Lebaran 2023 yang perlu diwaspadai yakni persimpangan Jalan Tol Layang Mohamed Bin Zayed (MBZ) menuju Tol Jakarta-Cikampek. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Arus lalu lintas kendaraan dari Jakarta menuju Trans Jawa diperkirakan terus meningkat pada mudik Lebaran 2023. Titik kemacetan pertama yang perlu diwaspadai yakni persimpangan Jalan Tol Layang Mohamed Bin Zayed (MBZ) menuju Tol Jakarta-Cikampek.

“Bottleneck kami identifikasi di persimpangan Tol MBZ, kemudian turun bertemu yang menggunakan tol reguler. Jadi, itu bottleneck pertama,” ungkap Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati dalam program iNews Live sore, Rabu (19/4/2023).

Kepadatan kendaraan dari Jakarta sejak pagi tadi, Rabu (19/4/2023) menyebabkan pihak kepolisian harus melakukan rekayasa lalu lintas lebih cepat dari jadwal yang sudah dipublikasikan sebelumnya.
Baca juga: Arus Mudik Lebaran 2023, Tol Layang MBZ Pakai Skema Buka Tutup

Jika kondisi lalu lintas terus meningkat hingga menyebabkan kemacetan yang mengular maka rekayasa lalu lintas berpotensi diperpanjang.

“Jadi, sejak kemarin sudah diberlakukan one way di KM 62 Gerbang Tol Cikatama sampai Gerbang Tol Kalikangkung KM 414. Kemudian, contraflow juga diberlakukan di KM 40-an sampai KM 72. Bahkan, kemungkinan akan maju lagi melihat situasi aliran mobil dari Jakarta sudah sangat tinggi sehingga rekayasa lalu lintas mungkin akan diperpanjang,” ujarnya.

Kepadatan kendaraan menuju Trans Jawa memang sudah diprediksi terjadi hari ini yang merupakan hari pertama cuti bersama Lebaran.

“Kalau dilihat hari ini kepadatan merata di setiap jam. Jadi sekali lagi, ini hari pertama cuti bersama sehingga masyarakat berpikiran yang sama kalau mudik berangkat hari ini,” kata Adita.

Kemungkinannya pada malam hari arus mudik akan melonjak masyarakat lebih suka melakukan perjalanan di malam hari karena lebih sejuk situasinya.

Dia menghimbau kepada masyarakat jam berapa pun itu tetap diantisipasi kemungkinan terjadinya kepadatan. “Kami sarankan masyarakat terus mengakses media sosial Jasa Marga atau pengelola jalan Tol Jakarta, Cikampek, Cipali, karena informasi terkini akan disampaikan di media sosial dan nanti juga ada aplikasi untuk melihat secara realtime,” ujarnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1748 seconds (0.1#10.140)