Pabrik Oli Palsu Beromzet Miliaran Rupiah di Tangerang Digerebek

Senin, 17 April 2023 - 18:07 WIB
loading...
Pabrik Oli Palsu Beromzet Miliaran Rupiah di Tangerang Digerebek
Kemendag menggerebek pabrik oli palsu berbagai merek di Pergudangan Gang Ambon, Nerogtog, Pinang, Kota Tangerang, Senin, (17/4/2023). Foto/MPI/Irfan Maulana
A A A
TANGERANG - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggerebek pabrik oli palsu berbagai merek di Pergudangan Gang Ambon, Nerogtog, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Senin, (17/4/2023). Dalam penggeberekan ini petugas mendapati 1.153 drum dan 195.734 botol oli yang siap dikemas senilai Rp16,5 miliar.

Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga mengatakan pabrik tersebut beroperasi tanpa memiliki izin dan tak sesuai dengan Standard Nasional Indonesia (SNI).

"Kami melihat dan juga memantau adanya kejadian terkait produksi dan pemalsuan merek-merek oli yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu. Mereka ini tidak punya SNI dan juga NBB, NTP tidak sesuai," ujarnya.

Jerry menuturkan, dalan penggeberekan ini ada 1.153 drum dan 195.734 botol yang siap dikemas senilai Rp16,5 miliar.


"Oli-oli palsu ini dari berbagai merek ternama. Pemilik pabrik telah menjalankan bisnisnya sejak tiga tahun terakhir," tuturnya.

Menurut Jerry, pihaknya akan meminta bantuan dari Polri untuk melakukan pendalaman terkait penggerebekan pabrik oli palsu ini. Karena tidak tertutup kemungkinan adanya pabrik oli lain.

Wakil Ketua Satgassus Pencegahan Korupsi Polri Novel Baswedan mengungkapkan, ini merupakan langkah positif untuk melindungi konsumen.

"Jelas ini satu hal pelanggaran hukum yang pasti. Dan tentunya, pelanggaran hukum serius. Kita berharap dengan melakukan upaya penindakan yang konsisten dan sungguh-sungguh," ungkapnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3008 seconds (0.1#10.140)