Pemkot Bogor Pastikan Revitalisasi Bangunan Cagar Budaya RS Salak yang Terbakar

Sabtu, 08 April 2023 - 15:05 WIB
loading...
Pemkot Bogor Pastikan Revitalisasi Bangunan Cagar Budaya RS Salak yang Terbakar
Wali Kota Bogor Bima Arya saat mendatangi lokasi kebakaran RS Salak, Sabtu (8/4/2023). Ia memastikan RS Salak direvitalisasi. Foto: MPI/Putra Ramadhani Astyawan
A A A
BOGOR - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor memastikan merevitaslisasi bangunan cagar budaya RS Salak yang kebakaran , Jumat (7/4/2023). Pemkot Bogor menunggu kajian forensik untuk melihat kondisi bangunan.

"Terkait dengan upaya penyelamatan cagar budaya, jadi kami sepakat untuk melakukan kajian forensik bangunan. Nanti hasilnya akan kita pelajari bersama-sama. Di situ akan terlihat mana bangunan yang masih bisa diselamatkan, mana yang tidak bisa diselamatkan lagi. Kemudian nanti setelah itu, konsep revitalisasinya seperti apa," ujar Wali Kota Bogor Bima Arya di lokasi, Sabtu (8/4/2023).



Menurut Bima Arya, bangunan cagar budaya yang dibangun pada tahun 1894 itu harus diselamatkan. Nantinya, anggaran untuk revitalisasi masuk anggaran prioritas.

"Ini karena aset ya, betul-betul cagar budaya (dibangun) tahun 1894 gitu. Jadi semaksimalnya mungkin kita selamatkan. Nanti desainnya seperti apa, kita akan duduk bersama-sama membicarakan juga fungsinya seperti apa," tandasnya.

"Sekali lagi betul-betul ikhtiar menyelamatkan semaksimal mungkin. Saya akan koordinasi dengan semua, Pak Danrem, Dandim, untuk percepatan ini gitu untuk menjadi prioritas kita. Pemkot Bogor akan siap mengalokasikan (dana)," lanjut Bima.



Terkait kebakaran, Pemkot Bogor juga akan membantu ketersediaan obat-obatan untuk RS Salak. Jangan sampai pelayanan kesehatan terhadap pasien menjadi terganggu pasca kebakaran.

"Fungsi pelayanan tidak boleh terganggu. Pemerintah Kota membackup penuh untuk suplai obat-obatan. Kemudian apabila ada perlu pasien yang dipindahkan sementara, kami siap Dinkes berkoordinasi secara intens dengan Rumah Sakit Salak," tukasnya.



Danrem 061 Suryakencana Brigjen TNI Rudy Saladin memang berharap RS Salak direvitalisasi. Sebab bangunan yang terbakar merupakan cagar budaya.

"Gedung Madenkes yang sebelumnya adalah cagar budaya di Kota Bogor ini. Memang maunya kita ada program revitalisasi. Namun perlu ada kajian bangunan forensik terlebih dahulu. Kita serahkan nanti kepada tim untuk menentukan layak atau tidaknya direvitalisasi," tutupnya.

Seperti diketahui, RS Salah terbakar hebat pada Jumat (7/4/2023) siang. Tim gabungan Puslabfor Mabes Polri, Denpom, dan Inafis Polresta Bogor Kota, sudah turun tangan menginvestigasi penyebab kebakaran. Tim gabungan hari ini menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP).
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1095 seconds (0.1#10.140)