Polda Metro Jaya Bocorkan Titik Rawan Macet Arus Mudik di Pintu Keluar Jakarta

Jum'at, 07 April 2023 - 14:47 WIB
loading...
Polda Metro Jaya Bocorkan Titik Rawan Macet Arus Mudik di Pintu Keluar Jakarta
Jalan Inspeksi Kalimalang biasanya dibanjiri pemudik setiap arus mudik Lebaran. Jalan tersebut digunakan masyarakat yang mudik menggunakan sepeda motor melalui jalur utara. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya memberikan bocoran sejumlah titik rawan macet arus mudik Lebaran 2023 khususnya di titik-titik pintu keluar Jakarta. Diperkirakan titik pintu keluar Jakarta yang rawan macet dibagi menjadi dua kategori yakni untuk mobil dan sepeda motor.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman menyebutkan untuk mobil titik rawan macet saat mudik terjadi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) lantaran meningkatnya volume kendaraan yang meninggalkan Ibu Kota.

Selain Tol Japek, akses lalu lintas menuju Pelabuhan Merak dan menuju Bogor turut menjadi perhatian.
Baca juga: Puncak Arus Mudik Lebaran 2023 Diprediksi 20-21 April

"Tentunya kalau roda empat kan kita jalur tol. Jalur tol sudah kita siapkan untuk yang ke arah Cikampek, itu yang ke arah timur. Terus nanti yang ke arah barat Merak juga sudah kita siapkan. Begitu juga Tol Jagorawi yang akan kita siapkan ke arah Bogor," ujar Latif, Jumat (7/4/2023).

Untuk jalur arteri diprediksi mengalami kemacetan di Jalan Inspeksi Kalimalang. Jalan tersebut biasa digunakan masyarakat yang mudik menggunakan sepeda motor melalui jalur utara.

"Untuk jalur alternatif khusus sepeda motor itu di jalur yang paling utama adalah dari Halim lama sampai Jatiwaringin yaitu Kabupaten Bekasi," katanya.

Pihaknya akan membuat pos pengamanan (pospam) di titik-titik tersebut untuk mengantisipasi kemacetan panjang.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho mengatakan, 148.211 personel gabungan akan disiagakan untuk pengamanan Lebaran. "Kita melakukan bersama-sama agar operasi ini berjalan dengan aman, lancar, dan tertib. Sesuai dengan tagline Mudik Aman dan Berkesan," ujar Sandi, Sabtu (1/4/2023).

Jumlah personel yang dikerahkan terdiri dari 1.240 personel Mabes Polri, 91.153 personel seluruh Polda dan 55.818 personel TNI, Kementerian Lembaga dan Pemerintah Daerah (Pemda) beserta instansi terkait.

"Prediksi sekitar 123,8 juta orang yang akan merayakan Lebaran 2023 di kampung halamannya. Jumlah tersebut meningkat 14,2 persen dibandingkan tahun 2022 sebanyak 85,5 juta jiwa," katanya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1519 seconds (0.1#10.140)