Lampu PJU Kerap Mati, Kepala UPK Kota Tua Duga Ada Oknum Nakal yang Naik Turunkan Listrik di Gardu

Rabu, 05 April 2023 - 08:08 WIB
loading...
Lampu PJU Kerap Mati, Kepala UPK Kota Tua Duga Ada Oknum Nakal yang Naik Turunkan Listrik di Gardu
Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kota Tua kerap mati lampu saat malam hari. Warga resah dengan aksi kejahatan. Foto: MPI/Dimas Choirul
A A A
JAKARTA - Lampu Penerangan Jalan Umum ( PJU ) di Kota Tua, tepatnya Jalan Pintu Besar Utara, kerap mati saat malam hari. Kondisi ini membuat sejumlah warga yang melintas merasa khawatir akan adanya aksi kejahatan .

Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Kota Tua Dedy Tarmidzi mengatakan, matinya lampu di jalan tersebut diduga ada oknum nakal yang sengaja menaik turunkan aliran listrik dari gardu.

"Ada indikasi juga yang namanya tempat gardu listrik ada yang sering menaik turunkan," ujarnya saat dihubungi, Selasa 4 April 2023.

Meski demikian, Dedy belum mengetahui pasti siapa oknum yang kerap menaik turunkan aliran listrik tersebut. Saat ini gardu listrik yang berlokasi di sebrang Stasiun Kota, tepatnya dekat Plasa Beos itu dijaga ketat petugas gabungan dari Satpol PP dan Dishub.

"Saya sudah taruh pos pengamanan di situ. Memang kita jaga ada unsur Satpol PP, Satgas, sama perhubungan," ungkapnya.

Selain itu, Dedy mengatakan, pihaknya telah melakukan langkah salah satunya dengan bersurat ke pihak terkait. Lampu PJU yang kerap mati tersebut masih dalam pemeliharaan pengembang yang melakukan revitaliasi.

"Saya sudah mengundang rapat juga untuk menjadi perhatian. Itu kemarin kita sudah bersurat, merapatkan. Di situ memang masih dalam tanggung jawab pengembang. Tapi yang pasti sudah saya teruskan," tegasnya.



Diberitakan sebelumnya, belum lama ini, pernah terjadi aksi pembegalan di kawasan tersebut. Korban merupakan tamu di salah satu hostel. Meski korban tidak sampai luka, pelaku berhasil menggasak ponsel dan sejumlah uang miliknya.

"Sudah sebulan ini (kondisi mati hidup) di sini kalau malam hari itu suasananya gelap sehingga sangat berbahaya karena kita tahu Kota Tua ini agak rawan," kata Pengusaha Hostel di Kota Tua, Andoko Gunawan saat ditemui wartawan, Selasa 28 Maret 2023 malam.

Andoko yang sudah mulai resah lalu melaporkan kejadian itu ke Pemprov DKI Jakarta melalui aplikasi JAKI. Beberapa kali laporan dilayangkan, namun belum ada hasil yang maksimal dari pihak terkait.

"Saya sih sudah (lapor) sekitar empat sampai lima kali. Jadi kalau saya lapor hari ini, besok nyala, mati lagi, lusanya lapor lagi, besok nyala lagi, mati lagi. Berulang gitu terus," keluhnya.

Ke depannya, dia berharap, lampu penerangan di sepanjang Jalan Pintu Besar Utara lainnya dapat diperbaiki dengan maksimal. "Ya karena Kota Tua ini agak rawan kita cuma berharap sebagai warga semoga bisa dituntaskan. Sehingga tidak ada lagi kejahatan di sini," pungkasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4672 seconds (0.1#10.140)