Profil Kombes Leonardus Simarmata, Kapolres Metro Jaktim yang Bergelar Doktor

Kamis, 30 Maret 2023 - 14:44 WIB
loading...
Profil Kombes Leonardus Simarmata, Kapolres Metro Jaktim yang Bergelar Doktor
Kombes Pol Leonardus Simarmata menjadi salah satu perwira Polri yang masuk daftar mutasi terbaru beberapa waktu lalu. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Kombes Pol Leonardus Simarmata menjadi salah satu perwira Polri yang masuk daftar mutasi terbaru beberapa waktu lalu. Leonardus akan mengisi jabatan Kapolres Metro Jakarta Timur .

Hal tersebut berdasarkan mutasi yang tertuang dalam surat telegram (ST) bernomor: ST/273/III/KEP./2023. Dalam tugas barunya ini, dia menggantikan Kombes Budi Sartono yang akan menjabat Kapolrestabes Bandung.


Profil Kombes Leonardus Simarmata

Kombes Pol Leonardus Harapantua Simarmata Permata merupakan salah seorang perwira menengah (pamen) Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Dia baru saja ditunjuk untuk mengisi posisi Kapolres Jakarta Timur.

Melihat pangkatnya, Kombes Pol merupakan singkatan dari Komisaris Besar Polisi. Pangkat ini berada di jajaran perwira menengah Polri. Adapun tanda kepangkatannya sendiri adalah tiga bunga sudut lima.

Dalam riwayatnya, Leonardus adalah lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1997. Pada tahun 2019 lalu, dia meraih gelar doktor Ilmu Hukum Universitas Brawijaya (UB).



Tercatat, dia menjadi doktor ke-401 Fakultas Hukum Universitas Brawijaya dan mendapatkan predikat A. Adapun judul disertasinya adalah ‘Reformulasi Kewenangan Polri dalam Sistem Peradilan Pidana Pemilihan Kepala Daerah'.

Beralih ke kariernya, pria kelahiran 28 Mei 1973 ini memulai tugasnya di Korps Bhayangkara setelah lulus Akpol. Saat itu, dia pernah menjadi Pamapta Polres Pinrang Polda Sulsel (1998) dan Kapolsek Lembang Polres Pinrang Polda Sulsel (1999).

Seiring waktu, kariernya semakin moncer dengan sejumlah posisi strategis yang berhasil diembannya. Di antaranya adalah Kapolres Batu (2015), Kapolres Mojokerto (2017), Wakapolrestabes Surabaya (2017), Kapolresta Malang Kota (2019), hingga Analis Kebijakan Madya Bidang Labfor Bareskrim Polri.

Terbaru, namanya masuk dalam daftar mutasi terbaru Polri beberapa waktu lalu. Pada ketentuan tersebut, dia akan menyemat jabatan baru, yaitu Kapolres Metro Jakarta Timur.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1532 seconds (0.1#10.140)