Profil Komjen Arief Sulistyanto, Eks Baharkam yang Digantikan Irjen Fadil Imran

Rabu, 29 Maret 2023 - 16:14 WIB
loading...
Profil Komjen Arief Sulistyanto, Eks Baharkam yang Digantikan Irjen Fadil Imran
Komjen Arief Sulistyanto merupakan mantan kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri yang memasuki masa pensiun pada Maret 2023. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Komjen Arief Sulistyanto merupakan mantan kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri yang memasuki masa pensiun pada Maret 2023. Kini jabatan yang pernah diembannya itu digantikan oleh Irjen Fadil Imran.

Rotasi jabatan tersebut dituangkan dalam surat telegram Nomor:ST/713/III/KEP./2023 yang ditandatangani oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Komjen Arief Sulistyanto diberhentikan secara hormat oleh instansi Polri karena telah memasuki masa purna tugas.


Profil Komjen Arief Sulistyanto

Komjen (Purn) Arief Sulistyanto merupakan mantan kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri yang berasal dari Nganjuk, Jawa Timur.

Pria kelahiran 24 Maret 1965 ini adalah jebolan dari Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1987 yang berpengalaman dalam bidang reserse. Sejumlah jabatan strategis pun pernah diembannya.

Jabatan paling prestisius yang pernah diembannya sebagai perwira tinggi di bidang reserse adalah kepala Bareskrim Polri yang sempat dipegang Arief selama lima bulan dan lima hari di tahun 2018.

Kala itu dirinya ditunjuk oleh rekan seangkatannya, Kapolri Tito Karnavian untuk menggantikan Komjen Ari Dono Sukmanto yang naik menjadi Wakapolri.

Baru lima bulan menjabat, dirinya kemudian digantikan oleh Idham Azis, mantan orang nomor satu di Korps Bhayangkara.

Arief pada saat itu dipindah tugaskan menjadi Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri hingga tahun 2021 yang kemudian kembali dirotasi menjadi kabaharkam sampai memasuki usia pensiun.

Karier cemerlang Arief dimulai setelah dirinya menamatkan pendidikan kepolisian. Di awal kariernya itu, jenderal bintang tiga ini telah dipercaya untuk mengemban amanat dibidang reserse.

Pada tahun 1988, Arief langsung dipercaya untuk menjadi Kanit Serse Polresta Surabaya Selatan Polda Jatim. Satu tahun berlalu dirinya kemudian menjabat sebagai Wakasat Serse Polresta Surabaya Selatan Polda Jatim.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1913 seconds (0.1#10.140)