7 Deretan Masjid Megah di Bogor yang Bisa Jadi Tempat Wisata Religi

Rabu, 22 Maret 2023 - 22:21 WIB
loading...
7 Deretan Masjid Megah di Bogor yang Bisa Jadi Tempat Wisata Religi
Masjid Agung Kota Bogor bisa dijadikan wisata religi saat bulan Ramadan. Foto/Istimewa
A A A
BOGOR - Ada tujuh masjid di Bogor yang punya bangunan cukup megah. Selain terkenal akan puncaknya yang jadi destinasi wisata, Bogor juga memiliki beberapa masjid yang bisa dijadikan sebagai tujuan wisata religi.

Untuk mengisi kegiatan di bulan Ramadan akan banyak orang-orang yang pergi ke masjid untuk melakukan ibadah. Terlebih, ketika bulan puasa setiap masjid akan berlomba lomba mengadakan kajian setiap harinya.

Berikut deretan 7 Masjid Megah di Bogor


Dari ratusan masjid yang ada di Bogor, terdapat sedikitnya tujuh yang punya penampakan ikonik dan selalu ramai didatangi pengunjung.

1. Masjid Agung Bogor


Dilansir dari laman Kemenag Kota Bogor, Masjid Agung Kota Bogor sejak Desember 2022 lalu telah kembali dibuka setelah ditutup sementara waktu untuk proses pembangunan.



Masjid ini terletak di Jalan Nyi Permas nomor 1, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Banyak orang yang menyebut masjid ini dengan nama masjid Pasar Anyar karena posisinya yang berada di tengah Pasar Anyar. Tempat ibadah ini tak pernah sepi pengunjung lantaran sering diadakan acara acara keagamaan, terlebih ketika bulan suci Ramadhan.

2. Masjid An-Nur


Masjid yang kerap disebut dengan nama Masjid Keramat Empang oleh warga setempat ini berada di Jalan Lolongok, Empang, Bogor Selatan. Masjid ini diklaim sebagai salah satu yang tertua di Kota Bogor.

3. Masjid Raya Bogor


Masjid yang telah berdiri sejak tahun 1971 ini berada di Jalan Raya Pajajaran No 10 Kota Bogor. Keistimewaan dari bangunan masjid ini adalah dilengkapi dengan Gedung Pusat Pengembangan dan Pengkajian Islam Bogor yang berada di depan samping kanan, serta perpustakaan umum yang ada di serambi masjid.

4. Masjid Andalusia


Andalusia Islamic Center ini menjadi salah satu destinasi wisata religi terfavorit di Bogor. Ini dikarenakan bangunanya yang megah dan unik, bahkan digadang gadang mirip dengan Hagia Sophia di Turki.



Ciri khas dari masjid Andalusia adalah memiliki empat menara kubah yang tinggi dengan nuansa eropa yang cukup kental. Masjid ini dapat ditemui di Jalan Insinyur Haji Juanda No.78, Bogor.

5. Masjid Az-Zikra


Masjid megah di Bogor berikutnya ini terletak di komplek perumahan muslim yang didirikan atas pimpinan Ustad Arifin Ilham. Masjid ini pernah dijadikan lokasi Reuni 212 lantaran kawasan Monas dan Bundaran Patung Kuda di Jakarta tidak mendapat izin dari pihak Kepolisian.

Masjid yang berlokasi di Perumahan Muslim Bukit Azzikra Sentul, Cimpambuan, Babakan Madang, Sentul Selatan ini memiliki arsitektur yang memadukan karakter universal arsitektur islam dengan ciri arsitektur lokal tropis.

6. Masjid Harakatul Jannah


Masjid Harakatul Jannah berada di Desa Pandansari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, tepatnya di pintu keluar Tol Gadog. Sehingga bagi pengunjung yang akan ke puncak pasti akan melewati masjid ini.

Sebagai salah satu masjid yang berada di dekat kawasan puncak, tempat ini memiliki udara yang bersih dan menyediakan pemandangan alam yang asri terlepas dari kesotis dan megah bangunanya.

7. Masjid Atta'awun


Bisa dibilang, masjid ini merupakan yang paling ikonik di kawasan puncak Bogor. Selain memiliki halaman yang luas, suasana sejuk dan pemandangan hijau juga dihadirkan untuk beristirahat sejenak setelah perjalanan.

Lantaran punya arsitektur dan pemandangan yang menarik, membuat masjid ini tak pernah sepi pengunjung.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2116 seconds (0.1#10.140)