Tinjau Rel Tergerus Longsor di Bogor, Menhub: Perbaikan Butuh 3 Bulan

Jum'at, 17 Maret 2023 - 14:00 WIB
loading...
Tinjau Rel Tergerus Longsor di Bogor, Menhub: Perbaikan Butuh 3 Bulan
Menhub Budi Karya Sumadi meninjau lokasi tanah longsor yang berdampak ke jalur rel kereta Bogor-Sukabumi di Kota Bogor. Foto/MPI/Putra Ramadhani Astyawan
A A A
BOGOR - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut perbaikan jalur rel kereta Bogor-Sukabumi imbas longsor di Kota Bogor memakan waktu sekitar 3 bulan. Hal itu untuk melakukan recovery atau rekonstruksi secara keseluruhan.

”Kita harapkan kita bisa 15 hari tapi karena ini longsor dan kecuraman yang sangat tinggi maka kita butuh waktu kurang lebih 3 bulan untuk melakukan recovery atau rekonstruksi secara keseluruhan,” kata Budi kepada wartawan di lokasi, Jumat (17/3/2023).

Untuk perbaikan rel sementara dengan pemasangan pile pada jalur rel yang tidak terdampak untuk penguatan struktur. Tetapi, pemasangan pile ini baru dilakukan sampai proses evakuasi korban tertimbum longsor di bawahnya selesai.



”Kita akan menyelesaikan pada jalur yang masih baik apa yang masih baru dengan memasang pile-pile. Tetapi memang pemasangan pile ini akan kita mulai pada saat nanti evakuasi terhadap dua orang saudara kita yang belum ditemukan kita dapatkan,” jelasnya.

Budi berharap, proses perbaikan rel terdampak longsor ini dapat dilakukan dengan baik mengingat kereta relasi Bogor-Sukabumi cukup diminati masyarakat terutama setiap hari raya maupun akhir pekan.

”Saya sampaikan lakukan secara spartan, secara detail bekerja sama dengan Pemda dan masyarakat agar ini dapat diselesaikan dengan baik,” harapnya.



Terkait permukiman yang terdampak longsor, dirinya mendapat informasi bahwa daerah itu memang kategori hitam atau berbahaya. Ke depan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian PUPR terkait pemindahan area pemukiman ke tempat yang aman.



”Karena dalam kecuraman tertentu dengan adanya rumah pasti ada tekanan tertentu yang membuat tanah ini labil. Kita akan bekerja sama dengan Kementerian PUPR membantu masyarakat mendapatkan rumah yang lain. Jadi warga tidak tinggal lagi di sini," tutupnya.

Dalam kesempatan ini, Menhub Budi Karya Sumadi sempat menyampaikan duka cita mendalam atas musibah tanah longsor yang merenggut korban jiwa. Budi juga sempat mengunjungi warga yang mengungsi sekaligus memberikan bantuan.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2023 SINDOnews.com. All Rights Reserved.
read/ rendering in 0.0742 seconds (10.55#12.26)