Begini Cara Yayasan Balarenik Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Bersekolah di Kampung Sawah

Senin, 06 Maret 2023 - 12:16 WIB
loading...
Begini Cara Yayasan Balarenik Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Bersekolah di Kampung Sawah
Ketua Cabang Yayasan Balarenik Bintara Jaya sekaligus Pembina Kampung Pemulung Supian dalam Podcast Aksi Nyata. Foto/Tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Yayasan Balarenik Bintara Jaya terus berupaya meningkatkan kesadaran pentingnya bersekolah di kalangan pemulung. Hal ini juga dilakukan di Kampung Sawah, Bintara Jaya, Bekasi Barat, Jawa Barat.

Menurut Ketua Cabang Yayasan Balarenik Bintara Jaya sekaligus Pembina Kampung Pemulung Supian pendidikan menjadi alat utama untuk memutus profesi tersebut. Untuk meningkatkan kesadaran pentingnya pendidikan, hal yang harus dilakukan adalah memperbaiki kesejahteraan para pemulung yang berada di Kampung Sawah.

"Cabang Yayasan Balarenik Bekasi Kota kita ada program yang namanya UEP (Usaha Ekonomi Produktif)," ujar Supian dalam Podcast Aksi Nyata , Sabtu (4/3/2023).

Supian menjelaskan, program UEP merupakan upaya transisi para pemulung menjadi pelaku UMKM dengan memberikan beberapa pelatihan. Dia mengungkapkan, selama ini anak-anak dipaksa ikut memulung karena desakan ekonomi.



"Ketika mereka sedikit diperbaiki penghasilannya, otomatis anak akan didukung sekolahnya," katanya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1846 seconds (0.1#10.140)