5 Fakta Menarik di Balik Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Sabtu, 04 Maret 2023 - 21:28 WIB
loading...
5 Fakta Menarik di Balik Kebakaran Depo Pertamina Plumpang
Kebakaran di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, menjadi tragedi memilukan di tahun 2023 ini. Sejumlah fakta menarik terkuak di balik kebakaran hebat itu. Foto-Foto: MPI/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Kebakaran di Terminal BBM (Depo) Pertamina Plumpang , Koja, Jakarta Utara, menjadi tragedi memilukan di tahun 2023 ini. Sejumlah fakta menarik terkuak di balik kebakaran hebat itu.

SINDOnews merangkum 5 fakta menarik di balik kebakaran Depo Pertamina Plumpang yang terjadi pada tanggal 3 bulan 3 tahun 2023 ini:

1. Berlokasi di Tengah Permukiman Padat Penduduk

5 Fakta Menarik di Balik Kebakaran Depo Pertamina Plumpang


Depo Pertamina Plumpang berlokasi di Tanah Merah, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara. Depo ini dikelilingi permukiman padat penduduk yang berjarak hanya puluhan meter.


Bahkan dari foto udara terlihat antara Depo Pertamina Plumpang dengan permukiman warga hanya dipisahkan tembok. Untuk mencegah kejadian serupa, Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin meminta agar Depo Pertamina Plumpang dipindahkan. Wapres menyarankan direlokasi ke Pelabuhan
Tanjung Priok.

2. Depo Lama Penyuplai 20% Pasokan BBM Nasional

5 Fakta Menarik di Balik Kebakaran Depo Pertamina Plumpang


Depo Pertamina Plumpang merupakan depo lama yang dibangun pada tahun 1974. Mengutip situs resmi Pertamina, Depo Plumpang pertama kali dibangun berkapasitas 291.889 kiloliter (kl). Depo BBM ini merupakan terminal strategis yang dimiliki Pertamina. Depo Plumpang menyuplai sekitar 20% kebutuhan BBM harian nasional atau ke sekitar 25% dari total kebutuhan SPBU Pertamina.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1903 seconds (0.1#10.140)