Jembatan Cikereteg Longsor, Plt Bupati Bogor: Kita Tutup 2 Pekan

Selasa, 28 Februari 2023 - 18:58 WIB
loading...
Jembatan Cikereteg Longsor, Plt Bupati Bogor: Kita Tutup 2 Pekan
Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan meninjau Jembatan Cikereteg di Jalan Raya Bogor-Sukabumi, Kabupaten Bogor yang tergerus longsor. Foto/MPI/Putra Ramadhani Astyawan
A A A
BOGOR - Jembatan Cikereteg di Jalan Raya Bogor-Sukabumi, Kabupaten Bogor ditutup imbas longsor susulan pada Senin 27 Februari 2023. Terdapat beberapa perencanaan jangka pendek maupun jangka panjang terkait perbaikan jembatan penghubung Bogor dan Sukabumi.

”Kita ingin ada satu langkah yang cepat yang sifatnya sementara. Informasi dari PUPR pusat ada solusi yang untuk sementara dan jangka panjang ada,” kata Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan di lokasi, Selasa (28/2/2023).

Untuk jangka pendeknya, segera dibangun jembatan bailey atau sementara sehingga kendataan bisa melintas. Pengerjaan jembatan bailey diperkirakan selesai dalam waktu 14 hari ke depan.



”Jangka pendeknya hari ini akan dilakukan pemasangan jembatan bailey yang diperuntukan untuk satu jalur yang belum longsor dan ini akan dilaksanakan hari ini untuk pemasangan jembatan dan mudah-mudahan dua minggu selesai,” tegasnya.

Untuk rencana jangka panjang akan dibangun jembatan permanen dengan lebar bentangan sekitar 40 meter. Tetapi, pengerjaaan jembatan permanen akan lebih lama sekitar 3 bulan.

”Dalam sistem pengadaan barang dan jasanya ini dipercepat. Kalau non teknis lancar, 3 bulan selesai. Non teknisnya penataan, pembebasan, sosialisasi. Saya minta masyarakat mulai memahami mempertahankan sifatnya kepentingan umum,” ucapnya.



Di samping itu, tambah Iwan, Pemerintah Kabupaten Bogor bersama instansi terkait lainnya akan mengatur terkait batas tonase kendaraan yang boleh melintas jembatan tersebut ketika sudah selesai. Hal itu untuk mencegah kejadian serupa kembali terulang.

”Kemarin tonase di sini emang over. Setelah jalan ini selesai kami akan menghitung tonase yang diizinkan melintas berapa. Jembatan ini sudah beberapa kali (longsor), ini (Perbup) belum diatur, tapi kalau sudah diatur pembatas tonase ya harus diikuti,” tutupnya.

Hujan intensitas tinggi membuat Jembatan Cikereteg di Jalan Raya Bogor-Sukabumi, Kabupaten Bogor mengalami longsor susulan Senin 27 Februari 2023. Alhasil, jembatan tersebut ditutup sehingga semua kendaraan tidak bisa melintas dan dialihkan ke jalur lain.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1108 seconds (0.1#10.140)