Pramusapa Transjakarta Tangkap Terduga Pelaku Pelecehan Seksual di Bus Non-BRT

Minggu, 26 Februari 2023 - 12:27 WIB
loading...
Pramusapa Transjakarta Tangkap Terduga Pelaku Pelecehan Seksual di Bus Non-BRT
Terduga pelaku pelecehan seksual di Bus Non-BRT Transjakarta diserahkan kepada polisi. Foto: Dok/Transjakarta
A A A
JAKARTA - Pelecehan seksual di dalam bus Non-BRT Transjakarta menimpa pelanggan wanitanya, kali ini terjadi di rute Kampung Melayu-Tanah Abang via Cikini, Sabtu 25 Februari 2023 sekitar pukul 07.40 WIB. Namun korban memberanikan melapor ke petugas Pramusapa Transjakarta sehingga secepat mungkin pelaku berhasil ditangkap dan diserahkan ke Polres Jakarta Pusat .

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta Apriastini Bakti Bugiansri membenarkan adanya kasus tersebut. Dia juga menjelaskan kronologisnya saat pelanggan perempuan Transjakarta duduk terlelap di dalam bus tiba-tiba merasa mendapat pelecehan dari seorang pria yang duduk disebelahnya.

“Pramusapa dengan sigap mengamankan pelaku pelecehan seksual untuk selanjutnyadiserahkan kepada pihak berwajib ke Polres Jakarta Pusat untuk diproses sesuai hukum yang berlaku," kata Apri dalam keterangannya, Minggu (26/2/2023).

Apri menjelaskan, korban masih di bawah umur. Sehingga perlu pendampingan dari orang tua ataupun keluarga saat akan melaporkan kepada polisi.

Mengingat makin maraknya kasus pelecehan seksual di transportasi publik, kata dia, pihaknya terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Bahkan, kata dia, pihaknya juga meningkatkan pengamanan hingga pelanggan merasa aman dan nyaman.



“Kesiagaan inilah yang terus kami utamakan untuk menghadapi tindakan kejahatan-kejahatan yang terjadi di transportasi umum seperti pelecehan seksual. Kami juga mengimbau kepada pelanggan untuk berani bersuara dan mengambil sikap untuk segera melaporkannya. Apabila mengalami tindak pelecehan seksual,” kata Apri.

Sebelumnya, aksi pelecehan seksual dialami pelanggan wanita saat menaiki Bus Transjakarta rute Monas-Pulogadung. Aksi tersebut sempat viral dan pelaku berhasil ditangkap pihak kepolisian.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta Transjakarta agar meningkatkan keamanan dan kenyamanan pelayanan terhadap pelanggan agar kejadian seperti pelecehan seksual tidak terulang kembali.

"Saya enggak tahu kok ada perilaku seperti ini, enggak tau juga. Tapi harus ditingkatkan pengamanannya," kataHeru di Jakarta, Kamis 23 Februari 2023.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1608 seconds (0.1#10.140)