Tingkatkan Kepercayaan Masyarakat, IKPI-Ditjen Pajak Komitmen Jaga Integritas

Jum'at, 24 Februari 2023 - 21:58 WIB
loading...
Tingkatkan Kepercayaan Masyarakat, IKPI-Ditjen Pajak Komitmen Jaga Integritas
Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) dan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) berusaha profesional dan tetap menjaga integritas agar dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat, khususnya wajib pajak. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) dan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) berusaha profesional dan tetap menjaga integritas agar dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat, khususnya wajib pajak. Sebab, dasar pembangunan negara bersumber dari pajak.

Ketua Umum IKPI Ruston Tambunan berjanji terus profesional. Hal itu ditandai usai IKPI memperpanjang MoU dengan DJP yang dihadiri langsung Dirjen Pajak Suryo Utomo di Jakarta Selatan, Jumat (24/2/2023).
Baca juga: IKPI Depok Gelar Webinar: Indonesia Butuh UU Konsultan Pajak

Selain itu, pihaknya juga intensif mengedukasi masyarakat, khususnya wajib pajak. Ini terlihat dari beberapa program pemerintah yang dilakukan secara menyeluruh.

“Semua program pemerintah tentang perpajakan mulai dari sunset policy, tax amnesty, PPS, dan regulasi perpajakan, kita dianggap memberikan kontribusi nyata sehingga kerja sama ini dilanjutkan hingga lima tahun ke depan,” ujar Ruston, Jumat (24/2/2023).

Misalnya, dia melihat bagaimana IKPI Cabang Pekanbaru yang membantu masyarakat melaporkan pajak dengan melakukan pengisian SPT. Langkah serupa bakal dilakukan ke beberapa wilayah lainnya.

Dirjen Pajak Suryo Utomo menegaskan profesionalisme harus dibangun tidak hanya oleh dirinya melainkan IKPI. Melalui itu, integritas dan kepercayaan masyarakat akan tumbuh. “Laporkan saja ke kami bila ada anggota kami yang coba-coba bermain,” katanya.

Dia mencontohkan bagaimana kasus yang dilakukan anak pejabat Ditjen Pajak melakukan kekerasan. Peristiwa itu kemudian meruntuhkan integritas dan kepercayaan masyarakat terhadap pajak. Padahal, pihaknya telah berusaha betul menjaga nama baik dan kepercayaan masyarakat.

Hal itu terlihat dua tahun terakhir yaitu 2021 dan 2022 yang membuat penerimaan pajak negara melebihi target. Jika itu tetap terjaga bukan tidak mungkin hal serupa juga terjadi di akhir tahun 2023.

“Tentu pendapatan pajak yang baik berdampak pada perekonomian negara yang digunakan untuk pembangunan,” ucapnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1271 seconds (0.1#10.140)