Mirisnya Kondisi SDN Panaragan Kidul Bogor, Jika Hujan dan Angin Kencang Terpaksa Libur

Jum'at, 24 Februari 2023 - 15:37 WIB
loading...
Mirisnya Kondisi SDN Panaragan Kidul Bogor, Jika Hujan dan Angin Kencang Terpaksa Libur
Kondisi kerusakan gedung SDN Panaragan Kidul Bogor sangat memprihatinkan. Jika hujan dan angin kencang, siswa terpaksa diliburkan karena khawatir bangunan ambruk. Foto: Dok DPRD Kota Bogor
A A A
BOGOR - Kondisi kerusakan gedung SDN Panaragan Kidul, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, sangat memprihatinkan. Jika hujan dan angin kencang, siswa terpaksa diliburkan karena khawatir bangunan ambruk.

Kerusakan tidak hanya pada ruang kelas siswa belajar, namun juga ruang guru. Kondisi ini ditemukan saat sidak Komisi IV DPRD Kota Bogor. Saat sidak ditemukan plafon banyak yang jebol, ruang kelas tidak layak pakai, tembok rusak, dan pondasi bangunan sudah tidak kuat.

Mirisnya Kondisi SDN Panaragan Kidul Bogor, Jika Hujan dan Angin Kencang Terpaksa Libur


"Ini memalukan. Hanya berjarak 1 kilometer dari Istana Presiden dan Kantor Wali Kota, masih bisa kita temukan kondisi sekolah yang memprihatinkan," ujar Ketua Komisi IV DPRD Kota Bogor Akhmad Saeful Bakhri dalam keterangannya, Jumat (24/2/2023).


Kepala Sekolah (Kepsek) SDN Panaragan Kidul Siti Horisoh menjelaskan, kerusakan ruang kelas sudah terjadi sejak 2005, dan ruang guru sejak 2010.

Pihak sekolah sudah mengajukan perbaikan setiap tahunnya, namun belum mendapatkan kepastian perbaikan.

"Kami sudah berusaha mengajukan ke dinas sejak Oktober, dan kami juga mengajukan ke kelurahan melalui ,usrenbang. Kasian anak-anak," ujar Siti.

Untuk meminimalisir kerusakan, pihak sekolah menutup beberapa ruang kelas. Namun karena minimnya ruangan yang ada, kelas 5 dan 6 masih dipergunakan meski kondisinya sudah terancam roboh.

"Kalau kondisinya hujan dan angin kencang, kami liburkan, karena ngeri. Demi menjaga keselamatan anak-anak, kami pulangkan dari pada terjadi kejadian yang tidak diinginkan," tutupnya.

Mirisnya Kondisi SDN Panaragan Kidul Bogor, Jika Hujan dan Angin Kencang Terpaksa Libur


Akhmad mengaku miris melihat kondisi SDN Panaragan Kidul ini. Sebab 20 persen APBD Kota Bogor dialokasikan untuk sektor pendidikan. Anggaran sebesar itu ternyata tida bisa membuat kualitas pendidikan yang lebih baik di Kota Bogor.

"Kami sudah menekankan bahwa 20 persen anggaran (APBD Kota Bogor) untuk sektor pendidikan harus memberikan kualitas pendidikan yang nyata. Tapi kalau begini, tentu akan kami tindak lanjuti," tegasnya.

Pihaknya akan memanggil Kadisdik Kota Bogor untuk membahas temuan ini. DPRD juga akan menyurati Wali Kota Bogor Bima Arya agar segera memperbaiki SDN Panaragan Kidul.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2458 seconds (0.1#10.140)