Simak! Perbedaan Kepulauan Seribu dengan Jakarta

Kamis, 23 Februari 2023 - 14:05 WIB
loading...
Simak! Perbedaan Kepulauan Seribu dengan Jakarta
Kepulauan Seribu merupakan salah satu kabupaten yang masuk wilayah DKI Jakarta dengan sejumlah wisata baharinya.Foto/MPI/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Kepulauan Seribu merupakan salah satu kabupaten yang masuk dalam Provinsi DKI Jakarta. Lalu apa yang membedakan Kepulauan Seribu dengan lima kota di Jakarta .

Perbedaan Kepulauan Seribu dengan lima kota di Jakarta menjadi hal yang menarik untuk diketahui. Wilayah Kepulauan Seribu masuk dalam administrasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Semula, Kepulauan Seribu adalah bagian dari wilayah Jakarta Utara.

Namun, pada 1999 status Kepulauan Seribu ditingkatkan menjadi kabupaten administrasi. Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu hanya memiliki dua kecamatan yaitu Kepulauan Seribu Selatan dan Kepulauan Seribu Utara.

Dari dua kecamatan tersebut, terdapat 6 kelurahan. Yakni, Kelurahan Pulau Harapan, Pulau Kelapa, dan Pulau Panggang di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Baca: Tarik Wisatawan, Dermaga Pulau Untung Jawa Dibikin Warna-warni

Sedangkan Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan terdiri dari Kelurahan Pulau Tidung, Pulau Pari, dan Pulau Untung Jawa. Hal ini tentu saja sangat berbeda dari wilayah lainnya di DKI Jakarta yang memiliki banyak kecamatan dan kelurahan.

Selain pulau-pulau yang merupakan kelurahan, Kepulauan Seribu juga memiliki pulau lain yang menjadi tujuan wisata bahari, seperti Pulau Bidadari, Pulau Macan, Pulau Ayer, Pulau Putri, dan Pulau Onrust.

Meski dinamakan Kepulauan Seribu, total pulau yang masuk dalam Kepulauan Seribu ini sebanyak 110 pulau, dengan luas wilayah 8,70 kilometer persegi. Kondisi ini berbeda dengan wilayah Jakarta lainnya yang geografisnya bukan berupa gugusan pulau-pulau.

Selain itu, bila dibandingkan dengan wilayah lain di DKI Jakarta, Kepulauan Seribu merupakan destinasi wisata bahari, tidak saja bagi penduduk Jakarta tetapi juga wisatawan domestik maupun mancanegara.

Bukan hanya karena jaraknya yang dekat dengan Jakarta, pulau-pulau di Kepulauan Seribu yang memiliki keindahan sangat cocok dijadikan tempat rekreasi untuk melepas penat.

Jika Kepulauan Seribu memiliki wisata bahari, maka wilayah Jakarta lainnya memiliki banyak wisata sejarah. Hal ini tak terlepas dari keberadaan Jakarta tempo dulu sebagai Ibu Kota Hindia Belanda dengan nama Batavia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1100 seconds (0.1#10.140)