Simak! Perbedaan Kepulauan Seribu dengan Jakarta

Kamis, 23 Februari 2023 - 14:05 WIB
loading...
A A A
Hingga kini, DKI Jakarta merupakan pusat bisnis, politik, hingga kebudayaan dikarenakan banyak sekali kantor pusat milik negara maupun swasta, baik nasional maupun internasional, yang berada di Jakarta.

Berbeda dengan Kepulauan Seribu, orang-orang yang datang ke Jakarta lebih banyak untuk mencari pekerjaan atau kepentingan pendidikan.

Untuk diketahui Provinsi DKI Jakarta memiliki 5 kota administasi yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan Jakarta Barat, serta satu kabupaten administrasi yaitu Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

DKI Jakarta berbatasan dengan Kota Depok dan Bogor di sebelah selatan, di sebelah timur berbatasan dengan Bekasi, dan di sebelah barat berbatasan dengan Tangerang.

Menurut catatan sejarah, Jakarta sempat berganti nama beberapa kali dari masa penjajahan. Nama Jakarta pertama kali adalah Sunda Kelapa, kemudian berganti menjadi Jayakarta pada abad ke-15, dan saat Belanda datang dinamakan sebagai Batavia.

Di masa pendudukan Jepang, Batavia diubah namanya menjadi Tokubetshu Shi. Terakhir, namanya berubah menjadi Jakarta setelah kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II.

(hab)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1304 seconds (0.1#10.140)