Jokowi Targetkan Normalisasi Kali Ciliwung Selesai Akhir 2024

Selasa, 21 Februari 2023 - 11:40 WIB
loading...
Jokowi Targetkan Normalisasi Kali Ciliwung Selesai Akhir 2024
Presiden Jokowi saat meninjau Kali Ciliwung di Jalan Inspeksi Ciliwung, Jakarta Selatan.Foto/MPI/Raka Dwi Novianto
A A A
JAKARTA - Normalisasi Kali Ciliwung ditargetkan rampung pada akhir 2024 mendatang. Hal itu diungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau Kali Ciliwung pada Selasa (21/2/2023).

Jokowi mengatakan, masih ada 17 kilometer lahan yang belum dilakukan normalisasi."Saya berikan target dalam dua tahun artinya akhir 2024 yang 17 km itu Insya Allah selesai. Sehingga normalisasi Kali Ciliwung betul-betul rampung," kata Jokowi saat meninjau Jalan Inspeksi Ciliwung, Jakarta Selatan.

Menurut Jokowi, normalisasi Kali Ciliwung sempat terhenti karena terkendala pembebasan lahan. Beberapa lahan pun, saat ini sudah dibebaskan dan akan dimulai pengerjaannya.

"Ada beberapa titik yang sudah dibebaskan misalnya di Rawajati segera bisa dimulai konstruksinya, sheet pilenya oleh Kementerian PU. Dan di sini juga, Pengadegan ini mulai besok akan mulai pembayaran untuk pembebasan lahan sehingga nanti titik-titik yang sudah dibebaskan langsung konstruksinya jalan," ujarnya.

Jokowi menuturkan, normalisasi Kali Ciliwung ini nantinya akan sangat mengurangi banjir di Jakarta. Sedangkan untuk aliran dari atas akan tertahan oleh Bendungan Ciawi dan Sukamahi.

"Ini baru Ciliwung, masih ada 12 sungai di Jakarta yang juga itu memerlukan normalisasi," tuturnya. Normalisasi 12 sungai nanti akan dilakukan secara bersamaan.

"Untuk saat ini fokusnya Kali Ciliwung," ucapnya. Sebelumnya, pemerintah menggelontorkan dana Rp1,2 triliun untuk melanjutkan pembangunan sodetan Kali Ciliwung.

Harapannya dengan pembangunan tersebut dapat mengurangi genangan banjir di Jakarta. Sodetan Kali Ciliwung merupakan bagian dari rencana induk sistem pengendalian banjir (flood control) Ibu Kota Jakarta dari hulu hingga hilir.

Di bagian hulu telah diselesaikan pembangunan 2 bendungan kering (dry dam) di Kabupaten Bogor, yakni Bendungan Ciawi dengan kapasitas tampung 6,05 juta m3 dan Bendungan Sukamahi berkapasitas tampung 1,7 juta m3.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3245 seconds (0.1#10.140)