Pusat Keselamatan Kerja FKM UI dan Forum QHSE BUMN Konstruksi Optimistis Lahirkan Inovasi K3

Selasa, 14 Februari 2023 - 22:13 WIB
loading...
Pusat Keselamatan Kerja FKM UI dan Forum QHSE BUMN Konstruksi Optimistis Lahirkan Inovasi K3
FKM UI bekerja sama dengan Forum QHSE BUMN Konstruksi meresmikan Occupational Safety and Health Center of Excellent FKM UI. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) bekerja sama dengan Forum Quality, Health, Safety, and Environment (QHSE) BUMN Konstruksi meresmikan Occupational Safety and Health Center of Excellent FKM UI.

Dekan FKM UI Prof Mondastri Korib Sudaryo mengatakan, berdirinya Center of Excellent tak terlepas dari koloborasi FKM UI dengan Forum QHSE BUMN Konstruksi yang dilakukan sekitar 6 bulan. Adapun pendanaannya berasal dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

"Kolaborasi ini kami harapkan dapat menjadi suatu rintisan untuk sebuah pusat unggulan," kata Mondastri, Selasa (14/2/2023).
Baca juga: Sukseskan BUMN Legal Summit 2022 melalui Edukasi Insan Legal BUMN

Latar belakang pengembangan ini tak terlepas dari adanya berbagai masalah terkait kesehatan kerja. Ini menjadi perhatian kalangan para akademisi untuk mencari jalan keluar terbaik.

Dalam hal ini bekerja sama dengan Forum QHSE BUMN Konstruksi di mana sudah menghasilkan 22 Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Konstruksi atau K3.

"Berdirinya pusat safety ini diharapkan menjadi suatu program unggulan di fakultas yang akan memajukan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan juga implementasi K3. Tentunya center ini diharapkan menjadi pioner untuk memacu semangat akademisi di fakultas kami," ujarnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik Kemahasiswaan UI Prof Abdul Haris mengucapkan selamat atas peresmian Occupational Safety and Health Center of Excellent FKM UI.

"Kalau didukung oleh mitra dari teman-teman industri BUMN Konstruksi tentu harus menjadi memacu semua kegiatan-kegiatan yang ada di Center of Excellent," katanya.

Dia mengingatkan sebagai akademisi sudah seharusnya berperan memberi solusi di setiap masalah, dalam hal ini pada problem konstruksi.

Di tempat sama, Ketum Forum QHSE BUMN Konstruksi Subkhan menyatakan pihaknya tidak akan maksimal dalam mengoperasikan best practice di lapangan tanpa dukungan perguruan tinggi. Terutama keilmuan dan pendampingan yang selalu di-support penuh Forum QHSE baik dalam peningkatan kinerja maupun riset berkelanjutan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2105 seconds (0.1#10.140)