Tolak Otsus, Puluhan Warga Papua Demo di Kemendagri

Selasa, 14 Juli 2020 - 17:24 WIB
loading...
Tolak Otsus, Puluhan Warga Papua Demo di Kemendagri
Puluhan warga Papua menggelar demo di Kemendagri. Foto: Komaruddin Bagja Arjawinangun/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sejumlah warga dan mahasiswa asal Papua menggelar aksi unjuk rasa di depan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jalan Medan Merdeka Utara, Gambir, Jakarta Pusat. Mereka menolak terhadap pemberlakuan otonomi khusus (Otsus) yang selama ini diterapkan di seluruh wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat.

"Tolak Otsus jilid 2. Berikan hak menentukan masih sendiri sebagai solusi paling demokratis," bunyi tulisan yang tertera pada spanduk besar tersebut, Selasa (14/7/2020).

Puluhan warga Papua ini menuntut, agar Papua diberikan hak untuk berdiri sebagai satu negara tersendiri dan terlepas dari wilayah kedaulatan Republik Indonesia. ( )

"Papua sudah seharusnya berdiri sendiri (merdeka). Hari ini, kami datang untuk menuntut bangsa Indonesia untuk segera melepas Papua. Kami tidak ingin lagi bergabung pada sebuah negara yang rasis. Lebih baik kami merdeka," seru seorang orator saat aksi masyarakat Papua berlangsung di depan gedung Kemendagri RI.

Aksi tersebut dijaga ketat oleh aparat kepolisian. Polisi meminta peserta aksi menjaga protokol kesehatan. ( )

"Khusus untuk aksi ini, kami menerjunkan 1 satuan setingkat pleton (SSK) dari Brimob, 1 SSK dari Samapta, dan sejumlah personel dari Polsek Metro Gambir dan Polres Metro Jakarta Pusat," ujar Kapolsek Metro Gambir Kompol Kadek Budiarta.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1718 seconds (0.1#10.140)