Dipercantik, Begini Penampakan Destinasi Wisata Air Situ Gede Bogor

Jum'at, 20 Januari 2023 - 03:30 WIB
loading...
Dipercantik, Begini Penampakan Destinasi Wisata Air Situ Gede Bogor
Destinasi wisata baru di Kota Bogor yakni Situ Gede. Kawasan itu dipercantik dan direvitalisasi dengan anggaran Rp7 miliar. Foto/MPI/Putra Ramadhani Astyawan
A A A
BOGOR - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan destinasi wisata baru di wilayah Kota Bogor yakni Situ Gede. Kawasan itu dipercantik dan direvitalisasi dengan anggaran Rp7 miliar.

Situ Gede merupakan sebuah danau di kawasan Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Kehutanan. Situ Gede kini lebih dipercatik dengan dilengkapi wahana air, jogging track, tempat istirahat hingga warung-warung kuliner yang tersedia.

”Silakan manfaatkan Situ Gede yang sudah Rp 7 miliar direvitalisasi oleh Provinsi, untuk peningkatan ekonomi wisata,”kata Emil, Kamis (19/1/2023).

Menurutnya, banyak situ atau danau di Jawa Barat yang mesti didorong potensi secara fungsi dan lainnya. Dengan diresmikannya Situ Gede, diharapkan dapat memberikan kemaslahatan untuk masyarakat sekaligus mendongkrak potensi wisata di Kota Bogor.

”Ke depan bisa ditambah sesuai kebutuhan tempat ini istimewa dan tentunya diharapkan menjadi daya tarik, karena orang ke kota Bogor pasti niatnya kuliner dan pariwisata. Saya kira tidak banyak kota di Jawa Barat yang padat memiliki danau istimewa ini,” ungkapnya.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi Jabar, Dicky Ahmad Sidik mengatakan Pemprov Jabar meyakini kawasan tersebut bisa meningkatkan jumlah wisatawan berkunjung.

Sebab, lokasi Situ Gede dekat dengan kawasan perkotaan, kawasan pendidikan seperti IPB University dan aksesnya juga mudah dijangkau masyarakat.

Situ Gede merupakan interkoneksi dari situ-situ sekitarnya di Kelurahan Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat. Di antaranya Situ Leutik, Situ Panjang dan Situ Burung. Situ Gede merupakan upaya Konservasi Sumber Daya Air dan pengendali banjir.

”Ruang lingkup pekerjaan tahun anggaran 2021 tempat ini meliputi pekerjaan persiapan, area parkir, pedestrian, plaza, jogging track, gerbang, landscape, toilet, mushola, selfie spot dan lainnya,” pungkasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1862 seconds (0.1#10.140)