3 Mantan Kapolri Punya Gelar S3, Nomor 2 Lulusan Nanyang Technological University

Kamis, 20 Oktober 2022 - 12:01 WIB
Mantan Kapolri Jenderal Polisi (Purn) Idham Azis. Foto: Dok SINDOnews
JAKARTA - Terdapat 3 mantan Kapolri yang mempunyai gelar S3 dari perguruan tinggi di Indonesia maupun luar negeri. Ketiganya yakni Jenderal Polisi (Purn) Rusdihardjo, Jenderal Polisi (Purn) Tito Karnavian, dan Jenderal Polisi (Purn) Idham Azis.

Diketahui, Kapolri adalah pejabat yang memiliki tugas sebagai pemimpin tertinggi di dalam institusi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Baca juga: Profil Jenderal Dibyo Widodo, Mantan Kapolri yang Mekarkan Kepolisian Daerah hingga 27 Polda

Berikut profil 3 mantan Kapolri yang mempunyai gelar S3 dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (20/10/2022):

1. Jenderal Polisi (Purn) Rusdihardjo



Jenderal Polisi Rusdihardjo menjabat Kapolri sejak 4 Januari 2000-22 September 2000. Dia sempat melanjutkan pendidikan di SMA Regina Pacis, Bogor. Namun, karena harus mengikuti pekerjaan sang ayah, dia terpaksa berpindah-pindah sekolah.

Setelah lulus SMA, Rusdihardjo melanjutkannya di Akademi Kepolisian tahun 1964. Kemudian, setelah lulus dari Baccaloreat PTIK di tahun 1967 dengan pangkat Letnan Dua dia ditempatkan sebagai perwira Samapta di Komwil 37, Jakarta Barat.

Pada tahun 1971, dia melanjutkan pendidikan tingkat Doktoral di PTIK yang diselesaikan di tahun 1974. Setelah menamatkan pendidikannya di PTIK, Rusdihardjo mendapatkan tugas baru di Polda Kalimantan Barat sebagai Kabag Reserse.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More