Komandan Korps Brimob dengan Masa Jabatan Terlama, Nomor 1 Selama 9 Tahun

Minggu, 16 Oktober 2022 - 14:10 WIB
Korps Brigade Mobil (Brimob) merupakan salah satu pasukan elite kepolisian.Foto/SINDOphoto/Dok
JAKARTA - Korps Brigade Mobil ( Brimob ) merupakan salah satu pasukan elite kepolisian. Brimob merupakan institusi polisi tertua yang berdiri sejak 14 November 1946.

Ketika terbentuk Brimob, ditunjuklah tokoh kepolisian sebagai pemimpin Komandan Brimob. Brimob memiliki dua unit yakni, Gegana dan Pelopor.

Saat pertama kali terbentuk Brimob dipimpin oleh Kombes Pol Raden Soemarto pada periode 1945-1950. Seiring berjalannya waktu, kini jabatan Komandan Korps Brimob atau Dankor Brimob diisi oleh perwira bintang tiga.

Sepanjang berdirinya Brimob, tercatat ada sebanyak 30 perwirwa polisi yang telah memimpin pasukan ini. Di antara Dankor Brimob yang pernah memimpin, ada yang memiliki masa jabatan terlama.

Berikut Komandan Korps Brimob dengan masa jabatan terlama;



1. Kombes Pol Mohammad Jasin (1950-1959)

Kombes Pol Mohammad Jasin adalah Dankor Brimob yang memproklamasikan Polisi Istimewa atau Tokubetsu Keisatsutai menjadi Polisi Republik Indonesia. Jasin menjadi Komandan Polisi Istimewa (kepolisian bentukan militer Jepang pada zamannya) di Surabaya.

Oleh karena itu, Jasin dikenal sebagai Bapak Brimob Polri. Mohammad Jasin menjadi Dankorbrimob terlama sepanjang sejarah yaitu selama 9 tahun sejak 1950 hingga 1959.

Mohammad Jasin lahir di Bau-Bau, Sulawesi Tenggara, 9 Juni 1920. Selama berkarier, Mohammad Jasin pernah menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Agung (DPA) dan anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara (MPRS).
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More