2 Polisi Top Pernah Tangani Kasus Kopi Sianida Maut

Senin, 03 Oktober 2022 - 16:10 WIB
Brigjen Pol Krishna Murti dan Irjen Pol Ferdy Sambo yang kini telah dipecat. Foto: Dok SINDOnews
JAKARTA - Ada 2 polisi top pernah menangani kasus kopi sianida maut yang menewaskan Wayan Mirna Salihin pada 6 Januari 2016. Dua polisi itu yakni Brigjen Pol Krishna Murti dan Irjen Pol Ferdy Sambo yang dipecat karena menjadi otak pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Saat mengusut kasus kopi sianida, Krishna Murti menjabat Direskrimum Polda Metro Jaya dengan pangkat Kombes Pol dan Sambo menjadi Wadireskrimum Polda Metro Jaya dengan pangkat AKBP atau bawahan Krishna.

Baca juga: Profil Kompol Maulana Mukarom, Polisi Ganteng yang Ungkap Kelompok Saracen dan Tangkap Lucinta Luna

Melalui berbagai penyelidikan, pemeriksaan saksi, olah TKP, dan pengungkapan lain akhirnya kasus kopi sianida terkuak. Polisi menetapkan Jessica Kumala Wongso, teman kuliah Mirna yang sempat ngopi bareng di sebuah kafe di Jakarta menjadi tersangka pembunuhan.

Untuk mengetahui profil 2 polisi top yang menangani kasus kopi sianida, berikut rekam jejak dan perjalanan karier singkat Krishna dan Sambo dihimpun dari berbagai sumber:



1. Brigjen Pol Krishna Murti

Brigjen Pol Krishna Murti merupakan jenderal jebolan Akpol 1991. Dia mengawali karier sebagai perwira pertama di Polda Jawa Tengah. Krishna menjadi lulusan terbaik Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) tahun 2000.

Pada 2015, karier Krishna melesat dengan menduduki jabatan Direskrimum Polda Metro Jaya. Selain menangani kasus kopi sianida, polisi yang mempopulerkan Turn Back Crime ini juga mengungkap kasus bom Sarinah pada 2016.

Sejak 2017 hingga kini (2022), Krishna menjabat Karomisinter Divhubinter Polri. Jabatan penting lain yang pernah diemban Krishna yakni Kapolsek Metro Penjaringan (2001), Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara (2005), Wakapolres Depok (2006), Kapolres Pekalongan (2011), Staf Perencanaan PBB di New York (2011), serta Wakapolda Lampung (2016).
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More