Kawasan Pecinan Glodok Wakili DKI di Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia

Sabtu, 28 Mei 2022 - 07:30 WIB
Kawasan Pecinan, Kelurahan Glodok, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat terpilih mewakil DKI Jakarta dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.Foto/MPI/Bachtiar Rojab
JAKARTA - Kawasan Pecinan, Kelurahan Glodok, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat terpilih mewakil DKI Jakarta dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Event ini digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf).

Kepala Bagian Perekonomian Pemkot Jakarta Barat, Iqbal Idham Ramid mengatakan, kawasan Pecinan, Glodok menjadi salah satu tempat yang terpilih dari total 3.400 lokasi di Indonesia. Bahkan, Satu-satunya yang mewakili DKI Jakarta.

“Kawasan Pecinan Glodok ini sudah masuk 50 besar," kata Iqbal dalam keterangannya pada Jumat, 27 Mei 2022.

Iqbal menuturkan, ADWI ini sudah dimulai sejak dua bulan lalu dan saat ini dalam proses penilaian.

Nantinya, pemilihan tiga besar akan dipilih langsung oleh Menteri Parekraf pada Juni 2022 nanti. Menurut Iqbal, dipilihnya kawasan Glodok karena terdapat banyaknya bangunan kuno. Baca: Anies Harap Kedatangan Mesut Ozil Jadi Pemantik Bakat Muda Soal Sepak Bola



Keunikan lainnya, terdapat beberapa tempat ibadah seperti Vihara Dharma Bakti, Klenteng Taosebio, Gereja Kantolik Santa Maria de Fatima, pengobatan tradisional shin she, Pancodan Tea House dan lain lainnya yang usianya sudah ratusan tahun.

"Sekitar tanggal 22 Juni mendatang akan dibangun land mark-nya, di Jalan Pancoran. Di sana akan dibangun gapura yang rencananya diresmikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan,” ujarnya.

Untuk mendukung kawasan tersebut masuk tiga besar, saat ini sudah dilakukan berbagai kegiatan oleh masing masing SKPD/UKPD termasuk salah satunya penataan fisik lingkungan.
(hab)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More