Cara Mudah Membayar PBB di Jakarta

Kamis, 24 Maret 2022 - 17:25 WIB
Pengguna cukup masuk ke halaman e-commerce yang dituju, lalu klik menu PBB (ada pula platform yang meletakkan menu PBB di kategori tagihan atau pulsa/top up. Setelah itu, pengguna tinggal mengikuti langkah-langkah yang diperlukan, seperti memasukkan nomor objek pajak, dan seterusnya.

Jumlah tagihan yang harus dibayar akan tertera di layar. Terakhir, klik opsi bayar dan pilih metode pembayaran yang diinginkan.

2. Membayar secara online di situs resmi

Selain bisa melakukan pembayaran PBB melalui e-commerce, beberapa pemerintah daerah juga menyediakan web resmi untuk membayar pajak online. Daerah yang sudah menyediakan laman website untuk membayar PBB di antaranya Jakarta dan Tangerang Selatan.

Warga Jakarta, misalnya, bisa masuk ke web pajakonline.jakarta.go.id. Dalam laman tersebut juga dijelaskan tentang tata cara pembayaran PBB sehingga memudahkan pengguna dalam melakukan pembayaran PBB.

3. Membayar melalui mobile banking atau ATM

Membayar PBB dapat pula dilakukan melalui mobile banking atau ATM. Pilihan mobile banking tentu lebih mudah ketimbang melalui ATM, karena tidak perlu keluar rumah untuk mencari ATM.

Beberapa bank sudah memiliki layanan pembayaran PBB melalui mobile banking atau ATM, misalnya BRI dan Bank Mandiri. Untuk membayar PBB, pengguna cukup mengikuti langkah-langkah yang tertera.

4. Membayar melalui petugas

Tips mudah membayar PBB selanjutnya adalah melalui petugas pemungut dari kelurahan atau kantor desa. Dengan cara ini, warga yang hendak membayar PBB memberikan uang tagihan kepada petugas yang mendatanginya di rumah. Nantinya petugas tersebut akan memberikan bukti transaksi yang menandakan bahwa PBB tersebut telah dibayar.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More