Asal Usul Nama Pondok Gede yang Diambil dari Rumah Besar Milik Pendeta Belanda

Sabtu, 12 Februari 2022 - 06:02 WIB
Bangunan besar milik Pendeta Belanda yang menjadi cikal bakal nama Pondok Gede yang dibangun pada tahun 1775. Foto: Dok sejarahjakarta.com
Di kamar ini, aku dilahirkan

Di balai bambu buah tangan bapakku

Di rumah ini, aku dibesarkan

Dibelai mesra lentik jari Ibu

Nama dusunku Ujung Aspal Pondok Gede



Rimbun dan anggun, ramah senyum penghuni dusun

JAKARTA-Sepenggal lirik lagu di atas yang dipopulerkan musisi Iwan Fals dengan judul “Ujung Aspal Pondok Gede” yang dirilis pada 1985, telah membuat nama Pondok Gede melampung ke seantero negeri. Iwan Fals dalam sebuah kesempatan mengatakan bahwa lagu itu ingin berpesan tentang peralihan daerah dari desa menjadi sebuah kota.

Lantas bagaimana sebenarnya asal usul nama Pondok Gede? Pondok Gede merupakan perbatasan antara Bekasi dan Jakarta. Secara administratif, Pondok Gede adalah sebuah kecamatan di Kota Bekasi. Awalnya Pondok Gede merupakan kecamatan terluas di Kabupaten Bekasi sebelum masuk ke dalam wilayah Kota Bekasi. Pondok Gede mencakup wilayah Pondok Melati, Jatiwaringin, Jatiwarna, Jatiasih, Jatimakmur, Jatibening, Jatikarya, dan beberapa wilayah Jakasampurna di Bekasi.

Berdasarkan literatur-literatur sejarah yang dirangkum dari berbagai sumber, dahulu tepat dimana Plaza Pondok Gede berdiri saat ini terdapat sebuah bangunan besar yang menjadi cikal bakal nama Pondok Gede. Bangunan perpaduan gaya Eropa dan Jawa itu dibangun pada tahun 1775 oleh seorang pendeta asal Belanda bernama Johannes Hooyman.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More