Cegah Radikalisme, Pembangunan Kampung Tangguh Ideologi oleh Densus 88 Diapresiasi

Kamis, 20 Januari 2022 - 01:37 WIB
Sebelumnya, Kasubdit Kontra Ideologi Ditcegah Densus 88 AT Polri Kombes Pol Ponco Ardani, mengatakan, Kampung Tangguh Ideologi bertujuan meningkatkan peran empat pilar masyarakat dalam mencegah radikalisme, yaitu Babinsa, Bhabinkamtibmas, penyuluh agama, serta perangkat desa atau tokoh masyarakat.

"Itu tujuannya menciptakan lingkungan terkecil RW, kampung, desa untuk menaggulangi penyebaran radikalisme, teeorisme," kata Ponco dalam kegiatan Workshop Kebangsaan yang diikuti 109 penyuluh agama dan bhabinkamtibmas di Jakarta Timur, Kamis, 13 Januari 2022.

Ponco berharap, Kampung Tangguh Ideologi ini bisa menyebar luas ke seluruh wilayah NKRI sehingga Indonesia menjadi negara yang tangguh ideologi. "Artinya kalau satu RT itu sudah tangguh ideologi, maka akan menular ke seluruh Indonesia. dia akan menjadi negara yang tangguh ideologi," ucap Ponco.

Menurut Ponco, Kampung Tangguh Ideologi ini akan menyinergikan seluruh pimpinan di desa untuk mengedukasi masyarakat, mencegah masuknya paham radikal, melindungi masyarakat yang rentan terpapar, mendata dan memgawasi pendatang yang masuk ke lingkungan masyarakatnya, serta menjaga toleransi dan moderasi beragama di lingkungannya.
(cip)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More