Mengapa Tak Ada Lantai 13 di Hotel dan Gedung? Jawabannya Bikin Cemas Akut

Kamis, 16 Desember 2021 - 19:18 WIB
Mengapa tidak ada lantai 13 di hotel dan gedung/bangunan di berbagai negara seperti China dan Amerika atau bahkan di Indonesia. Foto: Dok SINDOnews
JAKARTA - Mengapa tidak ada lantai 13 di hotel dan gedung/bangunan di berbagai negara seperti China dan Amerika atau bahkan di Indonesia. Ternyata ini disebabkan isu keramat pada angka tersebut yang dianggap sebagai angka sial.

Karena itu, ada beberapa orang memiliki rasa takut berlebih terhadap angka 13. Fenomena ini dikenal dengan istilah triskaidekaphobia.

Baca juga: Hanya di Alfamidi, Angka 13 Bawa Rejeki

Disadur melalui laman USA Today, Kamis (16/12/2021), orang dengan triskaidekaphobia akan berusaha keras menghindari kesialan. Orang dengan kondisi ini akan menunjukkan kecemasan akut ketika mereka menemukan atau menghadapi objek ketakutan.

Mereka menunjukkan gejala seperti mual, muntah, kesulitan bernapas, detak jantung cepat, berkeringat, dan perasaan panik. Maka itu, tidak adanya lantai 13 pada hotel dan bangunan akan menolong pengidap triskaidekaphobia dari ketidaknyamanan ketika berada di lift lantai 13.



Kesialan angka 13 berangkat dari mitos-mitos yang sejak lama sudah beredar di berbagai belahan dunia yang dikenal akrab dengan istilah Friday The 13th. Dari sini, terdapat beragam sejarah kelam yang terjadi di hari Jumat tanggal 13 atau sesuatu yang menyangkut angka 13.

Dilansir dari berbagai sumber, sejarah Friday The 13th yang paling terkenal adalah ketika seorang murid yang menjadi tamu ke-13 dalam sebuah jamuan makan di hari Jumat mengkhianati sang guru hingga disalib. Ada pula pembantaian para ksatria Inggris yang terjadi tahun 1307, pada hari Jumat ke-13 yang terjadi di Prancis. Sejarah mencatat tubuh para ksatria tersebut juga dibakar dalam satu tumpukan.

Tidak melulu soal pembunuhan, peristiwa kelam yang identik dengan Friday The 13th juga merujuk kepada sebuah krisis finansial yang amat merugikan banyak pihak yang kebetulan terjadi pada hari Jumat ke-13 tahun 1869 di Amerika Serikat. Deretan kesialan itu akhirnya diklaim dengan angka 13 yang menjadi pelaku setiap hal buruk yang menimpa.

Tak hanya angka 13, angka 4 juga kerap dihindari dalam pembuatan lantai hotel atau bangunan karena penulisan angka 4 mirip dengan kursi terbalik. Artinya, dianalogikan jatuhnya kepemimpinan atau kedudukan seseorang yang memiliki pangkat tinggi.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More