5 Kisah Mistis di Kepulauan Seribu, Nomor 3 Penampakan Maria van de Velde di Pulau Onrust

Sabtu, 27 November 2021 - 05:00 WIB
Pulau Bidadari. Foto: Pulauseributraveling.com

3. Tawanan Bajak Laut Dipanggang

Dinamakan Pulau Panggang lantaran pulau ini menyimpan cerita tawanan bajak laut yang membangkang dan tidak taat aturan dieksekusi dengan cara dipanggang. Mereka memanggang tawanan sekaligus kapal-kapal rampasan di Karang Gosong dekat Pulau Panggang. Karena ini beredar isu bahwa warga yang sedang dalam kondisi marah hanya akan berputar-putar saja di pulau itu tanpa disadari.

Baca juga: 2022, DKI Diminta Prioritaskan Revitalisasi 3 Pelabuhan di Kepulauan Seribu

4. Penampakan Maria van de Velde di Pulau Onrust

Pulau Onrust menjadi salah satu pulau dengan lokasi terdekat di Kepulauan Seribu lewat Pelabuhan Muara Angke. Di pulau ini terdapat banyak peninggalan VOC hingga beredar cerita mistis Maria van de Velde. Sosok Maria perempuan Belanda ini kerap menampakkan diri di Pulau Onrust dengan memakai gaun pengantin sembari menunggu kekasihnya. Konon kematian Maria disebabkan penyakit pes.

5. Arwah Panglima Hitam di Pulau Tidung

Pulau Tidung yang memiliki kisah mistis berada pada kawasan Tidung Kecil di mana dari beberapa cerita masyarakat di sana menyebutkan ada seseorang yang hilang dan tidak pernah ditemukan lagi. Kepergian sosok ini juga karena ingin memenuhi keingintahuannya mengenai Pulau Tidung.

Versi lain mengatakan dinamakan Pulau Tidung karena kematian Panglima Hitam yang berasal dari Suku Tidung. Saat itu, untuk melawan pasukan Belanda, Panglima Hitam menjadi pemimpin pasukannya namun sayang mengalami kekalahan kemudian bersembunyi di Pulau Tidung hingga ajal menjemputnya. Panglima Hitam dimakamkan di pulau ini.

Untuk bisa sampai ke Pulau Tidung Kecil harus melewati jembatan yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Jembatan ini dinamakan Jembatan Cinta. Banyak yang meyakini Jembatan Cinta mampu menjadikan pasangan kekasih mempunyai hubungan langgeng dan harmonis. Caranya dengan menyeberangi jembatan ini dari ujung ke ujung tanpa merasa takut atau ingin kembali ke belakang.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More