Tercemar Limbah, Kali Bekasi Berbusa dan Keluarkan Bau Busuk

Minggu, 17 Oktober 2021 - 11:12 WIB
Kali Bekasi di Kelurahan Margajaya, Kota Bekasi, diselimuti busa tebal dan mengeluarkan bah busuk pada Minggu (17/10/2021). Foto : Okto Rizki Alpino/SINDOnews
BEKASI - Kali Bekasi yang berada di Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, diselimuti busa tebal dan mengeluarkan bau busuk akibat tercemar pada Minggu (17/10/2021). Kemunculan busa dan bau busuk di aliran Kali Bekasi yang berada di pintu air Bendung Bekasi diduga tercemar limbah.

Saifudin (50) warga Bekasi mengatakan, kemunculan busa dan bau busuk di Kali Bekasi bukanlah yang pertama kali. Hal serupa, kerap terjadi dan mengganggu kenyamanan warga yang melintas di sekitar Kali Bekasi.

”Ini mah udah sering, busa dan bau busuk itu kaya udah ciri khas Kali Bekasi. Penanganan limbahnya ini enggak ada, enggak dikerjakan dengan baik,” katanya.



Selain mengganggu kenyamanan warga, bau busuk dan gundukan busa di Kali Bekasi dapat memicu kerusakan ekosistem Kali Bekasi. Pasalnya, dengan sering munculnya bau busuk dan busa sama halnya merusak kelestarian biotik.



"Kejadiannya kan selalu berulang, jadi sangat prihatin sekali. Lingkungan kita bener-bener tercemar,” ucapnya.Saifudin menuturkan, untuk mengatasi persoalan tersebut Pemkot Bekasi harus segera mencari solusi terbaik agar bau busuk dan tumpukan busa tak lagi mencemari Kali Bekasi.



”Saya harap pemerintah tolong lebih ketat lagi mengenai pengawasan limbah ini terutama industri-industri (sepanjang Kali Bekasi)," tuturnya. Sebelumnya, air Kali Bekasi berbusa diduga tercemar limbah. Bisa terlihat di sekitar Bendung Bekasi, Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Senin (27/9/2021).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Yayan Yuliana mengatakan, aliran Kali Bekasi yang berbusa diduga berasal dari wilayah Bogor. ”Kalau menelusuri sungai, kita sering menelusurinya. Cuma kalau kejadiannya dari wilayah Bogor itu kan wilayah orang juga,” katanya.

Kejadian Kali Bekasi menimbulkan busa juga sudah sering terjadi pada saat musim hujan. ”Kita sering kali berbusa itu, memang kondisi air dari hulu kan begitu, dari perbatasan kita dengan Bogor di pangkalan 5 juga berbusa, di Curug Parigi, air kan mengalir terus dari hulu ke hilir,” ungkapnya.
(ams)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More