Markas Brigkav 1/Limpung Alugoro Serpong Diresmikan, Bawahi 2 Batalion Kavaleri

Kamis, 14 Oktober 2021 - 22:25 WIB
Markas Brigkav 1/Limpung Alugoro yang berada di Jalan Rawa Kutuk, Pondok Jagung, Serpong Utara, Tangerang Selatan, diresmikan Kamis (14/10/21). Foto: Hambali/MNC Portal
TANGERANG SELATAN - Markas Brigade Kavaleri (Brigkav) 1/Limpung Alugoro yang berada di Jalan Rawa Kutuk, Pondok Jagung, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), diresmikan Kamis (14/10/21). Markas Brigkav 1 itu berdiri di atas lahan seluas sekira 8,2 hektare.



Proses pembangunan markas Brigkav 1 Limpung Alugoro telah dimulai sejak 2018 silam. Nama Limpung Alugoro diambil dari jenis senjata gada dan tombak bermata di kedua ujungnya.

Komandan Brigkav 1/Limpung Alugoro Kolonel Kav Agus Waluyo mengatakan, terdapat 2 batalion kavaleri di bawah naungan Brigkav 1, yakni Batalion Kavaleri (Yonkav) 9 dan Yonkav 7.





"Dengan adanya pembentukan Brigkav ini maka 2 batalion tersebut divalidasi menjadi di bawah Brigade Kavaleri," katanya.



Yonkav 9/Satya Dharma Kala berlokasi di Serpong Utara. Sedangkan markas Yonkav 7/Sersus berada di kawasan Cijantung, Jakarta Timur. Kedua batalion ditugaskan menjaga Ibu Kota dari berbagai ancaman.

Namun berbeda dengan markas 2 batalion yang dilengkapi alat utama sistem senjata (alutsista). Keberadaan markas Brigkav 1/Limpung Alugoro tidak dilengkapi dengan panser dan tank.

"Untuk penempatan alutsista ini kan sudah tergelar di 2 batalion tersebut. Kalau di sini hanya untuk kompi pendukung saja. Kita sebagai unsur operasional pendukung dari kesatuan-kesatuan manuver yang ada di bawah kami," jelas Agus.

Total Markas Brigkav 1/Limpung Alugoro dihuni oleh 316 personel. Mereka terdiri atas perwira staf hingga badan pelaksana, satuan Denma, serta satuan pendukung lainnya.
(thm)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More