Polisi Ciduk 3 Penyebar Video Syur Mirip Artis Gabriella Larasati

Kamis, 25 Maret 2021 - 14:08 WIB
Polda Metro Jaya memperlihatkan tersangka penyebar video syur mirip artis Gabriella Larasati.Foto/MPI/Carlos Roy Fajarta
JAKARTA - Polda Metro Jaya menangkap sejumlah orang yang melakukan penyebaran video syur mirip artis Gabriella Larasati. Ketiga pelaku yang diciduk yakni, YS (22), MSA dan NK dari sejumlah tempat berbeda.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, ketiga pelaku ini tidak saling kenal dan memiliki motif berbeda-beda dalam penyebara video tersebut. YS merupakan warga Medan, Sumatera Utara yang dilaporkan Gabriella ke Polda Metro Jaya pada 11 Februari 2021.

"YS mendaur ulang rekaman video syur mirip artis Gabriella Larasati. Pelaku dapat dari sosial media, dia crop, edit sendiri dan kirim ke akun sosmed terlapor saudari GL," kata Yusri kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Kamis (25/3/2021).

Yusri menyampaikan, YS melalui akun Instagram @yudis.03 berkomunikasi dengan Gabriella Larasati. YS saat itu menuliskan kalimat bernada ancaman ke akun media sosial yang dikelola oleh pelapor. "Ada ancaman dari salah satu akun ybs untuk memeras 'Kalau anda tidak ingin viral, saya sekarang membutuhkan uang. Setelah uang diterima video akan dihapus' begitu kalimatnya," jelas Yusri

Kepada polisi, YS mengaku hanya iseng semata. "Iseng saja, karena pernah melihat ada yang melakuian modus serupa dan berhasil," ujar Yusri.

Yusri melanjutkan, untuk tersangka MSA diringkus di Kabupaten Trenggalek. Berdasarkan hasil pemeriksaan, MSA merupakan pemilik akun Twitter @bbffofficial yang memiliki pengikut sekira 10.000. Video syur disebarkan agar jumlah pengikut bertambah.

Sementara itu, NK diciduk di salah satu kawasan di Bandung, Jawa Barat. Berbeda dengan MSA, NK menyebarkan melalui website gocrot.com. Saat ini, pengikut mencapai 14.000. Berdasarkan keterangan NK, pengikutnya diminta membayar Rp 300 ribu agar diizinkan mengakses website yang berisikan konten-konten vulgar. Salah satu konten adalah video syur mirip artis Gabriella Larasati.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya tersangka ditahan di Polda Metro Jaya. Ketiga pelaku akan dijerat Pasal 27 junto Pasal 45 UU ITE dengan ancaman 6 tahun penjara.
(hab)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Terpopuler
Berita Terkini More