Hari Ini, Kabupaten Bekasi Gelar Pilkades Serentak di 16 Desa

Minggu, 20 Desember 2020 - 14:19 WIB
Masyarakat Kabupaten Bekasi tengah melakukan pencoblosan di TPS 24 Desa Mangunjaya, Minggu (20/12/2020). Foto: Abdullah M Surjaya/SINDOnews
KABUPATEN BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi hari ini menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentah di wilayahnya. Sebanyak 16 desa mengadakan pemilihan secara langsung calon kepala desanya. Meski demikian, Pilkades serentak yang tersebar di 11 Kecamatan dipastikan mengedepankan protokol kesehatan .

“Ada 16 desa yang mengadakan Pilkades Serentak hari ini dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” ujarKepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD)Kabupaten BekasiIda farida, Minggu (20/12/2020). ( )

Menurut dia, prosedur pelaksanaan juga mengikuti seperti Pilkada Serentak. Salah satunya,kata dia, sesuai surat nomor 140/5469/BPD yang dikeluarkan Direktorat Jendral Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan pembatasan jumlah pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) paling banyak 500 Daftar Pemilih Tetap (DPT), sehingga tak menimbulkan klaster baru Covid-19 .

Dengan adanya surat itu,lanjut dia,pelaksanaa Pilkades di 16 Desa di 11 Kecamatan se-Kabupaten Bekasi yang awal ada 235 TPS dengan jumlah total hampir 233 ribu lebih DPT, bertambah menjadi 443 TPS.

“Maka kita sesuaikan dan lakukan penambahan jumlah TPS, tidak boleh lebih dari 500 pemilih,” ucapnya. ( )



Sekadar informasi, pelaksanaan Pilkades serentak akan diselenggarakan di 16 Desa pada hari Minggu 20 Desember 2020. Pilkades serentakKabupaten Bekasidiikuti oleh 16 desa, yaituDesa Setia Mulya dan Desa Segara Makmur Kecamatan Taruma Jaya, Desa Telaga Murni, Desa Telajung dan Desa Cikedokan Kecamatan Cikarang Barat.

KemudianDesa Cikarang Kota, Desa Karang Harja dan Desa Tanjung Sari Kecamatan Cikarang Utara.LaluDesa Karang Rahayu Kecamatan Karang Bahagia, Desa Sukalaksana Kecamatan Sukakarya, Desa Pantai Harapan Jaya Kecamatan Muara Gembong, Desa Ciantra Kecamatan Cikarang Selatan, Desa Jaya Mukti Kecamatan Cikarang Pusat, Desa Wibawa Mulya Kecamaran Cibarusah, Desa Mangun Jaya Kecamatan Tambun Selatan dan Desa Sukarapih Kecamatan Tambelang.
(mhd)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More