Cagub Ridwan Emil Bakal Genjot Ekonomi Kreatif untuk Kurangi Pengangguran di Jakarta

Selasa, 15 Oktober 2024 - 17:16 WIB
Calon Gubernur Nomor Urut 1, Ridwan Kamil bertekad menggenjot ekonomi kreatif bila terpilih pada Pilkada Jakarta 2024. Foto/SINDOnews/achmad al fiqri
JAKARTA - Calon Gubernur Nomor Urut 1, Ridwan Kamil bertekad menggenjot ekonomi kreatif bila terpilih pada Pilkada Jakarta 2024. Langkah itu akan dilakukan lantaran ekonomi kreatif dinilai mengurangi tingkat pengangguran di Jakarta.

"Betul (akan dorong ekonomi kreatif karena akan kurangi pengangguran)," kata Ridwan Kamil usai diskusi dan makan siang bersama pegiat kreatif di kawasan Cepete, Jakarta Selatan, Selasa (15/10/2024).

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, mengatakan, ada 18 subsektor ekonomi kreatif. Kang Emil menilai, tingkat pengangguran akan berkurang bila pelaku kreatof memiliki jiwa entrepreneur.





"Kita lihat waktu krisis moneter, itu orang lari ke kuliner. Tapi bukan kuliner warungan, kuliner yang punya tema-tema, punya keunikan. Sehingga akhirnya berkembang menjadi salah satu sektor yang survive di ekonomi begini," tuturnya.

Atas dasar itu, Kang Emil bertekad akan mempromosikan investasi bila jadi Gubernur Jakarta. Pasalnya, ia menilai, lapangan pekerjaan akan terbuka bila ada investasi.



"Jadi saran saya, selain nanti gubernur mempromosikan investasi. Karena ada investasi ada lapangan pekerjaan. Tapi memotivasi juga mereka menjadi entrepreneur. Walaupun skala karyawannya hanya 3-4 orang. Itu nanti edukasinya, pendampingannya dan lain-lain," tutur Kang Emil.

Menurutnya ekonomi kreatif memiliki potensi luas untuk dikembangkan. Apalagi, saat ini era digital. "Yang namanya konten kreator itu masih luas. Lapangan pekerjaan itu masih luas. Cuma banyak yang enggak ngerti mau bikin konten tentang apa, yang cuan kira-kira gitu ya," ucap Kang Emil.

"Nah di sinilah nanti yang berpengalaman bisa melatih. Tidak hanya Gen Z saja. Banyak konten-konten oleh emak-emak gitu ya. Akhirnya dengan monetisasi digital, dia bisa dapatkan penghasilan juga," tandasnya.
(cip)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More