Temui Dedengkot Betawi Haji Nuri, RK Diberi Pesan Demi Jakarta Baru yang Lebih Maju

Selasa, 01 Oktober 2024 - 14:33 WIB
Haji Nuri juga meminta kepada Ridwan Kamil untuk tak segan-segan meminta bantuannya dalam menangangi masalah di Jakarta. Salah satunya, terkait dualisme Bamus Betawi.

"Kalau ada apa-apa, saya siap dilibatkan, termasuk menyatukan Bamus Betawi. Supaya lebih akur, lebih guyup dan kekeluargaan," kata pendiri Bamus Betawi ini, sebagaimana disampaikan Jojo Wahab.

Acara silaturahmi antara Ridwan Kamil dengan Haji Nuri dan keluarga, ditutup dengan makan siang nasi kebuli dan sop kambing.

Siapa itu Haji Nuri? Sebagian besar warga Betawi asli pasti sudah tak asing dengan nama Babe Nuri. Ia dikenal sebagai Dedengkot Betawi. Seorang saudagar yang religius dan dermawan. Haji Nuri merupakan salah satu pendiri Bamus Betawi. Saat ini, dia menjabat Ketua Majelis Adat Bamus Betawi.

Dilihat dari silsilah atau nasabnya, pria yang akrab disapa Babe Nuri ini ternyata bukan orang sembarangan. Haji Nuri memang asli Betawi, karena lahir dan besar di Jakarta. Silsilahnya sampai lima generasi semua lahir di Jakarta.

Namun kakek buyutnya berasal dari Aceh. Datang ke Jakarta untuk berperang melawan Portugis, kala itu. Sedangkan nenek buyutnya berasal dari Demak, Jawa Tengah.

Selama ini, Haji Nuri memang jadi panutan. Tak heran, jika para gubernur Jakarta sebelumnya juga minta wejangan atau nasihat dari Haji Nuri. Mulai dari Sutiyoso, Fauzi Bowo hingga Anies Baswedan. Dalam kesempatan silaturahmi tersebut, Haji Nuri mendoakan Ridwan Kamil agar menjadi gubernur Jakarta periode 2024-2029.
(cip)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More