5 Fakta Menarik Pramono Anung, Cagub Jakarta yang Empat Kali Terpilih Anggota DPR

Jum'at, 30 Agustus 2024 - 11:00 WIB
Cagub Jakarta Pramono Anung memberikan keterangan kepada media di kediamannya, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (28/8/2024). FOTO/DOK.MPI
JAKARTA - Pramono Anung telah resmi didaftarkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Calon Gubernur ( Cagub) Jakarta pada Pilkada 2024. Kemunculannya yang tiba-tiba di akhir masa pendaftaran cagub-cawagub membuat sosok Pramono mencuri banyak perhatian.

Pendaftaran Pramono Anung dan Rano Karno ke Kantor KPU Jakarta cukup unik. Keduanya mengenakan pakaian khas Betawi naik oplet yang digunakan dalam sinetron Si Doel Anak Betawi yang dibintangi oleh Rano Karno. Oplet ini dulu juga digunakan untuk mengantar Joko Widodo (Jokowi) saat diusung PDIP mendaftar Cagub Jakarta pada 2012 silam.

Pramono dan Rano diantar para kolegnya seperti Ketua DPP PDIP Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, dan jajaran pengurus DPP serta DPD PDIP Jakarta berikut keluarga masing-masing. Kedatangan keduanya juga diiringi oleh musik Tanjidor serta marching band.



5 Fakta Menarik Pramono Anung

1. Aktif Organisasi sejak di Kampus

Ketika masih berkuliah di Jurusan Teknik Pertambangan Institut Teknologi Bandung (ITB), Pramono Anung ditunjuk menjadi Ketua Himpunan Mahasiswa Tambang ITB periode 1985-1986. Tidak hanya itu, dirinya juga sempat menduduki posisi Ketua Forum Komunikasi Himpunan Jurusan Dewan Mahasiswa ITB untuk periode 1986-1987.

2. Peraih Gelar Doktor

Setelah menyelesaikan kuliah di Teknik Pertambangan ITB dan meraih gelar sarjana pada 1988, Pramono Anung melanjutkan pendidikan ke Universitas Gadjah Mada (UGM) dan mendapat gelar Magister Manajemen di 1992.

Pada 2010, Pramono dirinya diterima di Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung untuk melanjutkan program doktoral. Dirinya berhasil mendapat gelar Doktor Ilmu Komunikasi pada 2013 ketika masih duduk di kursi Legislatif.

3. Bekerja di Swasta sebelum Masuk Politik

Sebelum terjun ke politik, Pramono Anung sempat beberapa kali bekerja di perusahaan swasta. Mulai dari menjadi Direktur PT Tanito Harum, dan Direktur PT Vietmindo Energitama tahun 1988 hingga 1996.

Lalu Pramono melanjutkan kariernya sebagai Komisaris PT Yudhistira Haka Perkasa, Komisaris PT Mandira (Mandiri Hana Persada), dan Komisaris PT Yudhistira Hana Perkasa dari tahun 1996 hingga 1999.

4. Kader PDIP yang Setia

Pramono masuk politik tercatat sejak 1998 ketika menjadi Anggota DPP PDIP Jakarta. Sejak saat itu, Pramono Anung belum pernah sekali pun berganti partai politik hingga saat ini.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More