Kawal Demo Buruh, 1.304 Personel Gabungan Dikerahkan

Senin, 08 Juli 2024 - 10:57 WIB
Sebanyak 1.304 personel gabungan dikerahkan. Hal ini untuk mengawal aksi demo buruh yang akan dilakukan oleh KSPI. Foto/SINDOnews/Refi Sandi
JAKARTA - Sebanyak 1.304 personel gabungan dikerahkan. Hal ini untuk mengawal aksi unjuk rasa demo buruh yang akan dilakukan oleh Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI).

"Dalam rangka pengamanan aksi unjuk rasa, kami melibatkan 1.304 personel, untuk ditempatkan di beberapa titik," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro kepada wartawan, Senin (8/7/2024).

Untuk rekayasa lalu lintas, Susatyo menyebutkan akan bersifat situasional. Artinya, rekayasa lalu lintas akan dilakukan jika situasi di lapangan mengalami kemacetan.



"Jika ekskalasi meningkatkan di Patung Kuda, maka arus lalin akan kita alihkan. Diimbau untuk masyarakat yang akan melintas di Jalan Merdeka Barat agar mencari jalan alternatif lainnya dikarenakan akan ada aksi penyampaian pendapat di Patung Kuda," ujar dia.



Lebih lanjut, dia mengimbau, kepada para peserta aksi untuk memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya, dan tertib untuk menyampaikan pendapatnya.

"Kami mengimbau, siapa saja yang akan menyampaikan pendapat di muka umum, sebagaimana diatur dalam undang-undang penyampaian pendapat hak setiap warga negara, tentunya harus memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya, sehingga aturan dalam undang-undang penyampaian pendapat di muka umum harap di patuhi," Jelas Susatyo

Seluruh personel yang terlibat Pengamanan untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negoisasi, pelayanan serta humanis. Tidak ada yang membawa senjata api. Layani saudara kita yang akan menyampaikan pendapatnya dengan tulus, ikhlas dan humanis,” jelas dia.

Sebelumnya, Ribuan buruh berencana melakukan aksi unjuk rasa di depan Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat, Senin (8/7/2024). Buruh menuntut pencabut Omnibus Law UU Cipta Kerja .

Aksi tersebut rupanya akan dilakukan serentak di Kantor Gubernur, Bupati, atau Wali Kota tiap daerah. Sementara aksi di depan Gedung MK akan dihadiri buruh perwakilan dari Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta.

"Jumlah massa aksi diperkirakan mencapai ribuan orang," kata Presiden KSPI yang juga Presiden Partai Buruh Said Iqbal dalam keterangannya, Sabtu (6/7/2024).
(maf)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More