Saldo Polis Anjlok, Nasabah Asuransi Meradang

Rabu, 29 Juli 2020 - 23:15 WIB
Foto: Ilustrasi/Dok SINDOnews
JAKARTA - Nasabah sejumlah perusahaan asuransi belakangan ini ramai mengeluhkan saldo polis unit link yang dimiliki. Sebagian besar kecewa karena nilai polisnya mengalami penurunan yang signifikan seperti yang dialami nasabah Asuransi AIA, Prudential, Manulife, dan Cigna.

Nani, nasabah perusahaan asuransi terkemuka mengaku kecewa kemudian menyampaikannya melalui media sosial Twitter.

Dia mengeluhkan sepanjang enam tahun kepesertaannya di asuransi tersebut, saldo investasinya hanya tersisa Rp19 juta. “Saya sudah ikut polis selama 6 tahun 2 bulan dengan pembayaran premi Rp500.000/bulan. Perkiraan nilai yang sudah disetor Rp37 juta. Kemarin tutup polis cuma dapat Rp19.950.000,” ujar Nani, Rabu (29/7/2020). (Baca juga: Viral! Keluhan Nasabah Tak Bisa Cairkan Asuransi Pendidikan Setelah 17 Tahun)



Keluhan serupa juga dilontarkan nasabah asuransi terkemuka lainnya bernama Yupi Zilina yang menyampaikannya di Facebook. Dia mengeluhkan saat ingin berhenti setelah sembilan tahun menjadi nasabah, saldo yang tersisa hanya sekitar Rp16 juta. Jumlah itu jauh di bawah total premi yang sudah dibayarkannya sebesar Rp38 juta lebih.



Sebenarnya masih banyak keluhan yang diajukan nasabah asuransi lainnya. Bahkan, sebagian nasabah berinisiatif membentuk grup di Facebook sebagai tempat saling bertukar informasi.

Umumnya nasabah unit link dari berbagai perusahaan asuransi itu merasa tertipu setelah mengetahui saldo investasinya turun drastis. Mereka mengaku tidak mengetahui bahwa produk asuransi yang dibeli adalah produk proteksi yang dikaitkan dengan investasi.

Diketahui, sebagian besar produk unit link yang dipasarkan sejumlah asuransi saat ini mengalami penurunan kinerja dan imbal hasil investasi. Hal itu dipicu turunnya nilai saham dan portofolio investasi lainnya yang menjadi underlying produk asuransi unit link. (Baca juga: Ratusan Nasabah di Banyumas Histeris Mengetahui Uangnya Rp5 M Raib)

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More